5 Ciri Khas Bangsa Indonesia yang Perlu Warganya Pahami

Menginjak usia ke-73, Indonesia semakin matang menginjak usia dewasa. Memang masih banyak hal yang harus dibenahi, tapi bukan berarti tidak ada satu pun nilai yang bisa dibanggakan dari negeri ini. Lahir dari banyak kebudayaan, ada banyak sekali ciri khas yang dimiliki bangsa Indonesia sehingga mudah dijadikan salah satu tanda pengenal.

Masyarakat Indonesia yang sudah banyak mengadopsi perkembangan teknologi diharap tidak meninggalkan nilai para leluhur. Nilai-nilai tersebut bila terus diberlakukan akan menjadi ciri khas Bangsa Indonesia yang bisa selalu dibawa hingga waktu yang cukup lama.

Ciri Khas Bangsa Ini Harus Kamu Pahami untuk Menjunjung Rasa Nasionalisme

Seperti yang telah disebutkan, ada banyak sekali ciri khas yang bisa digunakan oleh Indonesia. Apalagi Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan. Pulau-pulau di Indonesia memiliki kebudayaannya masing-masing. Hal inilah yang bisa digunakan sebagai salah satu identitas. Tugas yang harus kita kerjakan adalah menjaga kebudayaan dan nilai yang terkandung di dalamnya.

Agar mudah dipahami, berikut ini penjelasan nilai yang bisa dijadikan oleh Bangsa Indonesia.

1. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh

Peribahasa di atas merupakan salah satu peribahasa yang sangat mendeskripsikan keadaan Indonesia. Persatuan dan kesatuan digunakan oleh rakyat Indonesia untuk mengusir banyak penjajah yang ingin menguasai sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah di Indonesia.

Bila persatuan tidak dimiliki oleh masyarakat Indonesia, sangat mustahil kemerdekaan bisa diraih. Apalagi seperti yang kita tahu, perkembangan senjata untuk perang yang dimiliki Indonesia zaman dahulu jauh canggih bila dibandingkan dengan milik negara-negara penjajah.

2. Heterogenitas kebudayaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Indonesia memiliki banyak sekali daerah yang tergabung dalam lebih dari 30 provinsi. Masing-masing daerah memiliki kebudayaannya masing-masing. Hal ini menjadi salah satu identitas yang dimiliki oleh Indonesia.

Meskipun masih banyak orang yang hanya mengetahui Indonesia dengan menyebut Bali, tapi bukan berarti daerah lain tertinggal. Inilah saatnya bagi kita untuk mengenalkan kekayaan yang dimiliki Indonesia di mata internasional.

3. Laut menjadi tempat bermain seluruh masyarakat

5 pulau besar di Indonesia dikelilingi oleh lautan. Hal ini menjadikan kekayaan laut Indonesia sangatlah banyak. Berbagai macam ikan dan biota laut langka juga biasanya hanya bisa ditemukan di Indonesia. Hal ini menjadi salah satu hal membanggakan yang harus selalu dilestarikan.

Jangan sampai ciri khas ini tidak lagi dimiliki oleh penerus bangsa nantinya karena sudah terlanjur rusak akibat penanganan yang kurang tepat.

4. Flora dan fauna yang melimpah

Selain kekayaan botani, Indonesia juga memiliki banyak sekali koleksi hewan dan tumbuhan. Flora dan fauna tersebut ada yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Salah satunya adalah badak bercula satu yang berada di Ujung Kulon. Kekayaan ini menjadi ciri khas yang sangat melekat dalam diri Bangsa Indonesia. Kewajiban kita sekarang adalah dengan terus merawatnya.

Jangan sampai ada kegiatan yang tidak bertanggung jawab untuk keuntungan pribadi. Kita tidak bisa hanya mengandalkan turun tangan dari pemerintah. Diperlukan sinergi dari semua pihak agar kekayaan ini bisa terus terjaga.

5. Beraneka macam rempah khas Indonesia

Salah satu alasan banyak negara menjajah Indonesia dulu adalah karena keberagaman rempah yang dimiliki Indonesia. Rempah tersebut sangat berguna bagi mereka, apalagi ketika musim dingin tiba. Rempah asli Indonesia bisa memberikan kehangatan. Hal ini yang bisa dijadikan salah satu ciri khas Bangsa Indonesia.

Ciri khas tersebut sebaiknya harus selalu dijaga karena merupakan identitas Bangsa Indonesia. Diharapkan dengan mengetahui ciri khas tersebut, rasa nasionalisme dan mencintai bangsa sendiri bisa terus dan selalu meningkat.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]