Kesempatan Beriklan Advetorial di Muamala Net

Ketika mendengar kata advertorial mungkin Anda akan ingat dengan kata lainnya yaitu advertising atau periklanan. Keduanya memang saling berkaitan karena advertorial sendiri berasal dari kata advertisement dan editorial. Itu berarti advertorial berhubungan dengan periklanan dan editorial, sehingga bisa disimpulkan bahwa advertorial merupakan gaya periklanan yang disajikan dalam bentuk jurnalistik atau tulisan(artikel).

A. Syarat Beriklan Advetorial di Muamala Media

Kami membuka kesempatan untuk beriklan atau advetorial di website Muamala, syarat iklan advetorial di Muamala adalah:

  1. Bentuk advetorial dalam bentuk artikel, boleh disisipkan gambar dan video.
  2. Produk yang dipromosikan bisa berbentuk website, barang, ataupun jasa.
  3. Produk bukan produk yang dilarang hukum positif maupun hukum syariat
  4. Artikel dalam bentuk review merupakan nilai tambah.

B. Cara Beriklan Advetorial di Muamala Media

Bila Anda ingin membuat advetorial di Muamala Media maka berikut langkahnya:

  1. Buat media promosinya, yaitu berupa artikel (contoh bisa lihat di bawah).
  2. Kirim Email ke Info(at)Muamala.net
  3. Kirim dengan format di bawah ini:

Judul 

“Pengajuan Iklan Advetorial ke Muamala”

Isi

  • Nama Pengiklan:
  • Produk:
  • Gambaran Advetorial:
  • Bentuk Penawaran Kerjasama:

Untuk mengetahui lebih detail mengenai advertorial dan contoh advertorial yang biasa digunakan, berikut ini adalah ulasan yang bisa Anda baca.

C. Contoh dan Jenis Advertorial

Merujuk pada pengertian advertorial yang telah dijelaskan di atas, itu artinya advertorial memiliki sifat-sifat yang berbeda dengan artikel biasa. Sifat-sifat pada advertorial meliputi informatif, ekplanatif, interpretif, persuasif, influentif, memuji, argumentatif, dan juga eksploratif.

Informatif berarti artikel yang disajikan tersebut memuat tentang perkenalan atau pemberitahuan kepada khalayak mengenai produk maupun jasa yang ditawarkan. Informasi yang diberikan menggunakan gaya penulisan yang langsung mengarah ke inti atau straight news. Misalnya, Anda menawarkan produk kendaraan, maka ungkapkan pengertian sebenarnya dari kendaraan yang Anda tawarkan tersebut. Atau, jika produk Anda merupakan sebuah kegiatan tertentu, maka beri penjelasan langsung mengenai kegiatan yang sedang Anda perkenalkan.

contoh advertorial produk
contoh advertorial produk

Advertorial juga bersifat eksplanatif atau menjelaskan secara rinci mengenai produk maupun jasa dan bahkan kegiatan yang ingin Anda perkenalkan. Penjabaran ini dibuat sangat rinci supaya orang yang membaca pun mengerti.

Supaya pembaca lebih percaya, advertorial juga harus bersifat interpretif yaitu mampu menginterpretasikan informasi dari produk yang Anda tawarkan. Biasanya hal ini dilakukan dengan cara menuliskan keterangan beserta komentar mengenai produk yang bersangkutan.

Kemudian, untuk membuat pembaca tertarik dengan produk Anda, advertorial pun harus bersifat persuasif atau membujuk. Tulisan di dalamnya bersifat ajakan kepada pembaca untuk mengikuti apa yang ada di dalam tulisan. Misalnya seperti pada kalimat ini; ‘gunakan produk ini untuk membuat kulit Anda lebih bersinar dalam waktu satu minggu saja’ atau sejenisnya, sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Advertorial juga bisa bersifat influetif atau mendorong supaya pembaca mau melakukan aksi langsung untuk membeli atau menggunakan produk yang sedang Anda tawarkan. Kemudian supaya pembaca lebih yakin sekali lagi lagi dengan penawaran Anda, advertorial pun memiliki sifat memuji. Pujian yang dilakukan tentu saja terhadap produk yang bersangkutan.

Selain itu untuk membuktikan kualitas dari keseluruhan artikel dan produk Anda, advertorial juga bersifat argumentatif. Argumen tersebut berisi uraian-uraian yang analitis sehingga menguatkan kepercayaan pembaca. Kemudian untuk mengungkapkan serta menjelaskan informasi yang lebih dalam, advertorial pun dibuat bersifat eksploratif.

Advertorial juga dibagi menjadi beberapa jenis yaitu advertorial produk, jasa, korporat dan pemerintahan. Advertorial produk biasanya membahas tentang produk-produk yang ditawarkan ke khalayak. Advertorial jasa pun demikian, yaitu menawarkan jasa kepada masyarakat umum. Kemudian ada yang dinamakan advertorial korporat atau perusahaan, pembahasan di dalamnya pun mengenai perusahaan atau pun instansi tertentu. Kemudian terakhir adalah advertorial pemerintahan yang ditulis untuk membahas kegiatan-kegiatan pemerintahan, contohnya tentang potensi wisata sebuah daerah.

contoh advertorial kegiatan
contoh advertorial kegiatan

Dari rangkaian tulisan tersebut, dapat disimpulkan bahwa advertorial ditujukan untuk memperkenalkan maupun memromosikan suatu produk, jasa, hingga kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan korporat maupun pemerintah kepada masyarakat luas. Bisa dibilang, advertorial berfungsi sebagai penerjemah atau penafsir dari iklan-iklan yang ada di media massa.

Apabila Anda ingin melihat contoh advertorial yang biasa ada di masyarakat, coba simak beberapa gambar berikut ini. Anda bisa menjadikannya contoh untuk advertorial Anda sendiri.