Bank muamalat indonesia merupakan bank umum di indonesia yang menerapkan prinsip syariah islam dalam operasionalnya. didirikan pada 1 november 1991 oleh pemerintah indonesia dan majelis ulama indonesia. kemudian beroperasi pertama kali pada tahun 1992. Tahun 1994 bank mualamat berubah menjadi bank devisa dan menggunakan prinsip wol dan mudarat. Untuk penanaman dananya menggunakan sistem bagi hasil, jual beli dan sewa. Semakin kesinisan produk bank muamalat semakin baik, yang akan memudahkan para nasabahnya.

Produk-Produk Bank Muamalat

Produk dari bank muamalat memang semakin banyak. mulai dari tabungan hingga investasi. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas semuanya dibawah ini.

1. Tabungan

Ada 4 jenis tabungan yang disediakan bank muamalat yaitu tabungan Iba hijrah haji, tabungan Ib hijrah, tabungan Ib hijrah valas dan tabungan. Keempat tabungan tersebut memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda.

a. Tabungan iB Hijrah

Tabungan yang digunakan untuk kebutuhan transaksi dan belanja dengan kartu Shar-E debit. Kartu ini sudah memiliki logo visa plus, sehingga anda bisa mendapatkan program subsidi belanja dari berbagai mercant di dalam atau luar negeri. Ada beberapa keuntungan yang didapatkan. Seperti bebas biaya tarik tunai di jaringan atm bersama, bebas biaya realtime transfer dan bisa mengikuti promo lainnya. untuk tarifnya sebagai berikut:

Dengan bagi hasil Tanpa bagi hasil
Akad Mudharabah Muthlaqah Wadi’ah Yad Dhamanah
Bagi Hasil 5% : 95% Tanpa Nisbah
Biaya Layanan Rp 11.000,-* (Rekening Pasif : Rp 15.000,-) Gratis (Rekening Pasif : Rp 2.500,-)
Setoran Awal Rp 100.000,- Rp 25.000,-
Saldo Minimal Rp 50.000,- Rp 25.000,-
Pilihan Kartu ATM Reguler, Classic, Gold (S01) & 1HRAM (S96) Reguler (S85) & 1HRAM (S97)

b. Tabungan IB Hijrah Haji

Seperti namanya tabungan ini digunakan untuk tabungan haji anda. tabungan bank muamalat ini akan menfasilitasi perjalanan ibadah haji anda dengan lebih mudah. Ada banyak keuntungan tabungan haji ini dibandingkan tabungan haji dari bank lain. seperti sudah online dengan sistem komputerisasi haji terpadu kementrian agama. Anda bisa menyesuaikan tahun keberangkatan dan besar setoran serta biaya fasilitas audodebet. Proses setoran mudah bisa melalui teller, transfer terjadwal atau ebangking.

Syarat pembukaanya tinggal membawa fotokopi KTp dan NPWP. Untuk anak-anak harus membawa kartu keluarga atau akte kelahiran. Tarif tabungannya pun sangat terjangkau. Yaitu :

Akad Wadi’ah Yad Dhamanah
Biaya Layanan Gratis
Setoran Awal Tidak ada (RTJH : Rp 25 Juta)
Saldo Minimal Tidak ada
Biaya penggantian buku tabungan rusak/hilang Rp 10.000,-
Biaya penutupan rekening* Gratis

c. Tabungan IB Hijrah Valas

Jika anda ingin memiliki tabungan valuta asing yang syariah, tabungan dari bank muamalat ini bisa menjadi pilihan yang tepat. anda bisa menggunakan valuta asing dolar singapora atau dollar amerika. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai transaksi terutama transaksi yang membutuhkan mata uang luar negeri. Tabungan ini hanya digunakan untuk usia 18 tahun ke atas. Keunggulannya antara lain gratis biaya administrasi, gratis biaya penutupan rekening, transfer gratis dan lainnya.

d. TabunganKu

Yang terakhir adalah tabunganKU. tabunganKu merupakan tabungan perorangan yang disediakan oleh berbagai bank di indonesia untuk menfasilitasi menabung yang mudah dan ringan. Tidak ada biaya administrasinya dan syarat minimal pembukaan sangat rendah. Syarat pembukaan dan tarifnya pun lebih murah dibandingkan dengan jenis tabungan lainnya. anda bisa memilih menggunakan fasilitas ATM bank muamalat atau tidak.

2. Muamalat Prioritas

Produk bank muamalat ini menawarkan berbagai produk simpanan serta pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Muamalat prioritas bisa mengelola berbagai produk keuangan di bank Muamalat. Seperti

o     Tabungan iB hijrah muamalat prima

o     Tabungan ib hijrah muamalat berhadiah

o     Tabungan ib hijrah mumalat rencana

o     Giro ib hijrah muamalat

o     Deposito ib hijrah muamalat

o     KPR ib muamalat

o     Pembiayaan ib muamalat modal kerja

o     Pembiayaan ib muamalat multiguna

Selain itu produk muamalat prioritas bisa melakukan pengelolaan investasi dan proteksi. Yang bisa dijadikan sebagai aset di masa depan anda. seperti :

o     Sukuk

o     Bancassurance

3. Giro

Produk giro yang disediakan muamalat ada dua yaitu giro Ib hijrah attijary dan giro ib hjrah ultima. Keduanya memiliki syarat dan ketentuanyang berbeda. Produk giro digunaan untuk memudahkan proses transaksi bagi nasabah non perorangan. Ada banyak manfaat yang anda peroleh. Seperti proses transaksi keuangan akan lebih mudah dan cepat. Tarif dasarnya pun cukup terjangkau. Produk giro ini bisa dibuat oleh individu atau non individu. Syarat dan ketentuannya pun hampir sama. pastikan anda harus memiliki nomor NPWP terlebih dahulu.

4. Deposito

Deposito bisa dijadikan tabungan masa depan anda. deposito syariah bank muamalat bisa menggunakan mata uang rupiah atau dollar amerika. Dengan menggunakan produk deposito ini anda bisa mendapatkan bagi hasil yang maksimal. Selain itu investasi anda akan dikelola dengan sistem syariah yang aman bagi batin anda. pilihlah jangka waktunya juga banyak yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan. anda juga bisa menggunakan deposito bank muamalat sebagai jaminan pembiayaan. Deposito ini bisa digunakan oleh perorangan maupun non perorangan.

5. Kartu Shar-E Debit

Kartu share-E debit akan memudahkan anda dalam melakukan transaksi.kartu ini dibagi menjadi empat yaitu shar-E debit regular GPN, kartu shar-e debit clasic, kartu shar-e debit gold dan kartu shar-e debit 1hram. Keempat kartu tersebut memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Berikut ini perbedaannya:

o     Shar-e debit gold : biaya kartu perbulan Rp 5.000 dengan batas tarik tunai 10 juta

o     Shar-e debit regular GPN : biaya kartu perbulan Rp 2.500 dengan batas tarik tunai Rp 5 juta

o     Shar-e debit clasic : biaya kartu perbulan Rp 2.500 dengan batas tarik tunai Rp 10 juta

o     Shar-e debit 1hram : biaya kartu perbulan Rp 5000 dengan batas tarik tunai Rp 15 juta

6. Pembiayaan

Kantor Bank Muamalat yang Sangat Menarik Pandangan Mata

Anda juga bisa melakukan pembiayaan dengan bank muamalat. Ada tiga pembiayaan yang disediakan yaitu KPR IB muamalat, pembuayan IB muamalat pensiun dan pembiayaan Ib muamalat multiguna. Untuk KPR bisa digunakan untuk pembiayaan rumah susun, rumah tinggal condotel atau apartemen. Selain itu bisa digunakan untuk pembiayaan pembangunan, renovasi atau take over. Jika anda ingin memiliki tabungan pensiun bisa menggunakan ib muamalat pensiun. Yang menfasilitasi pembelian kendaraan, pembangunan rumah, biaya pendidikan anak dan lainnya.

7. Investasi

Bank muamalat juga menyediakan produk investasi yang berupa sukuk ritel. Transaksi sukuk ritel bisa menggunakan layanan internet bangking. Sukuk ritel merupakan produk investasi syariah yang ditawarkan pemerintah ke rakyat indonesia dan bisa diperjual belikan.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut tentang produk bank muamalat, anda bisa datang langsung ke cabang bank muamalat terdekat.

Kesimpulan: produk bank muamalat banyak sekali, mulai dari tabungan hingga investasi untuk masa depan.

*Disclaimer: Produk Keuangan Bank Muamalat bisa berubah-ubah baik dari segi fitur produk atau jenis produk itu. Ada baiknya tetap mengecek ke kantor Bank Muamalat terdekat.