Rahasia dari Rincian Biaya Nikah 20 Juta (Bisa Diaplikasikan)

Sekarang sudah mulai banyak pasangan muda-mudi yang menjalin cinta dengan jangka waktu tertentu mau melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi, yakni membina bahtera rumah tangga bersama. Mereka yang sudah yakin dengan pasangan hidupnya pasti akan segera merencanakan pernikahan dengan keluarga besar lainnya.

Tapi, ada kendala yang pasti menjadi perhatian mereka yaitu biaya pernikahan. Banyak yang mengatakan biaya untuk menikah sangatlah mahal sehingga sebagian besar orang harus rela bekerja bertahun-tahun untuk menabung buat acara menikah.

Trik Membuat Acara Pernikahan Mewah dengan Rincian Biaya Nikah 20 Juta

Sebaiknya kamu tidak harus mengikuti kebiasaan itu karena dengan rincian biaya nikah 20 juta saja, acara kamu tetap bisa meriah dan mewah. Ini dia cara-caranya kamu bisa menikah dengan budget yang rendah.

1. Pikirkan arti dari pernikahan kamu

Tips Menggelar Acara Nikah

Setiap pernikahan punya makna yang berbeda untuk sebagian orang. Begitu juga dengan acara pernikahan kamu. Mungkin ada yang mau acaranya mewah agar terlihat lebih terkesan romantis dan mau tamu undangan semakin senang atau ada juga yang acaranya dibuat sederhana karena lebih mementingkan kesakralannya.

Kamu yang lebih mementingkan kesakralan dan kebersamaan kedua pihak keluarga, tentu bisa membutuhkan budget 20 juta karena tidak akan banyak pengeluaran. Tapi kalau kamu mau mementingkan kesenangan semua pihak, biaya 20 juta tidak akan cukup membiayai acara kamu. Kedua hal itu tidak ada salahnya. Namun kalau kamu memang tidak punya banyak budget, sebaiknya yang sederhana saja. Toh meski sederhana yang lebih berbahagia adalah kamu dan pasangan serta keluarga.

2. Rayakan di rumah

Contoh dari acara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah merayakannya di rumah saja. Kalau kamu mengecek harga-harga sewa gedung, sudah pasti semuanya mahal, apalagi kamu yang tinggal di kota besar, harga jutaan sudah tidak mengherankan lagi.

Kamu yang melaksanakannya di rumah bisa mengalokasikan biaya sewa gedung buat keperluan yang lain, seperti menyewa baju pernikahan untuk pria dan wanita, membeli seragam panitia, dan sebagainya. Kalau begitu, hitung-hitung menjadi lebih irit.

3. Pilih undangan yang tidak berlebihan

Undangan pernikahan menjadi hal yang dipikirkan setiap pasangan yang akan menikah. Tapi alangkah baiknya kalau kamu jangan memikirkan gengsi apalagi kamu punya biaya nikah yang minim. Pilih saja desain undangan yang sederhana, toh fungsinya juga sama untuk memberikan informasi kapan pernikahan kamu dilangsungkan.

Jika kamu punya teman yang jago desain, minta tolonglah padanya membuatkan desain undangan daripada kamu membayar mahal di jasa yang belum tentu bagus hasilnya. Meski sederhana, usahakan jangan sampai ala kadarnya karena pernikahan adalah momen spesial yang layak kamu umumkan.

4. Pilih tamu undangan

Menentukan tamu undangan harus menjadi hal yang kamu pikirkan baik-baik. Jangan asal mengundang saja karena alasan gengsi atau semacamnya. Undanglah orang-orang yang kamu anggap sudah sangat dekat saja, karena itu akan mengurangi biaya pembuatan undangan kamu.

Gunakan undangan yang sederhana saja toh fungsinya sama saja untuk menginformasikan pernikahan kamu
Gunakan undangan yang sederhana saja toh fungsinya sama saja untuk menginformasikan pernikahan kamu

Jangan sampai teman yang hanya sebatas kenal saja kamu undang. Cukup sahabat-sahabat kamu dan pasangan, acara kamu tetap meriah.

5. Katering masak sendiri

Kalau ada anggota keluarga atau tetangga yang pintar masak, minta bantuannya untuk membuatkan katering pernikahan kamu. Kamu yang mau menyewa jasa katering tentu akan mengeluarkan biaya yang banyak dan membuat biaya nikah kamu akan semakin membengkak.

Daripada kamu sewa jasa katering yang harganya bisa mencapai puluhan juta, sebaiknya minta bantuan anggota keluarga atau tetangga saja karena akan mengurangi biaya pengeluaran kamu.

Kalau kamu menerapkan kelima trik di atas, dengan rincian biaya nikah 20 juta saja, kamu sudah bisa manfaatkannya untuk membuat acara pernikahan yang meriah. Kalau berbudget minim sebaiknya tidak usah banyak muluk-muluk, karena kesakralan dalam pernikahanlah yang lebih penting.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]