Inilah Maksud dari Manusia Sebagai Makhluk Sosial (+ Contoh)

Manusia sebagai makhluk sosial – manusia, dikatakan sebagai makhluk sosial, yaitu manusia yang menjalani hidupnya, dengan manusia lain dan dia tidak bisa melepaskan dirinya dari pengaruh manusia lain. Manusia, bisa dikatakan sebagai makhluk sosial, juga dikarenakan dirinya ada suatu dorongan untuk tetap berhubungan dengan orang lain.

Di dalam dirinya, ada suatu pikiran bahwa dia membutuhkan sosial untuk hidup berkelompok dengan orang lain, ataupun orang di sekitarnya. Contohnya seperti, orang kaya akan cenderung mempunyai teman atau berteman dengan orang kaya juga. Sedangkan orang yang mempunyai profesi sebagai aktor atau artis, juga akan cenderung mencari teman atau berteman dengan sesame artis.

Maksud dari Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Manusia sebagai makhluk sosial, juga dapat diartikan manusia yang membutuhkan orang lain, dan lingkungan di sekitarnya sebagai sarana untuk bersosialisasi. Bersosialisasi sendiri dapat diartikan, bahwa manusia tersebut membutuhkan lingkungan untuk dapat bersosialisasi sebagai salah satu sarana atau habitatnya. Manusia juga membutuhkan satu sama lain, untuk dapat bersosialisai dan berinteraksi.

Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, yang berarti dia mempunyai hubungan dan saling berhubungan dengan lingkungan sekitar tempat dimana dia menetap. Untuk dapat bersosialisasi, manusia akan memanfaatkan lingkungan sekitar dan alam yang ada, untuk dapat meningkatkan kesejahteraan dalam hidupnya dan sejenisnya.

Tetapi, potensi tersebut hanya berlaku dan berkembang pada diri manusia, jika dia belajar dan hidup di tengah-tengah manusia yang lain. Untuk dapat berjalan saja, manusia memerlukan orang lain untuk memberikan bantuan atau pembelajaran.

Dengan begitu, kita bisa menyimpulkan manusia sebagai makhluk sosial, dengan beberapa alasan, diantara nya:

  • Dikarenakan adanya dorongan untuk berinteraksi.
  • Manusia tunduk dalam aturan norma sosial.
  • Manusia mempunyai suatau kebutuhan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan manusia yang lain.
  • Potensi besar dalam diri manusia, akan benar-benar berkembang jika dia hidup ditengah-tengah manusia yang lain.

A. Manusia Makhluk Sosial Menurut Bahasa dan Para Ahli

I. Menurut KBBI

Manusia sosial, adalah manusia yang mempunyai hubungan timbal balik dengan manusia yang lain.

II. Menurut Elly M. Setiadi

Makhluk sosial, adalah makhluk dimana di dalam hidupnya dia tidak bisa melepaskan dirinya dari pengaruh orang lain disekitarnya.

III. Menurut Aristoteles

Makhluk sosial, adalah zoon politicon, yang mempunyai arti manusia memang dikodratkan untuk hidup bermasyarakat dan berinsteraksi atau berkomunikasi dengan manusia yang lain.

IV. Menurut Listurgis

Makhluk sosial adalah, makhluk yang saling berhubungan atau mempunyai hubungan dengan manusia yang lain, dan tidak dapat membuat dirinya lepas dari hidup bersama.

B. Karakteristik Manusia Dikatakan Sebagai Makhluk Sosial

Meskipun manusia mempunyai tanggung jawab terhadap dirinya sendiri, manusia juga membutuhkan orang lain untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal tersebut dapat dilakukan, dengan bersosialisasi atau berinteraksi dengan masyarakat dan manusia lainnya.

Dorongan tersebut memang dipunyai sejak dari lahir, dan memaksa mereka untuk selalu menampakkan, atau menunjukkan dirinya dalam berbagai bentuk di masyarakat. Sehingga otomatis nantinya mereka akan berinteraksi dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

Manusia Sebagai Makhluk Sosial
Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Nah, untuk dapat mengatahui apa manusia tersebut adalah makhluk sosial, ada beberapa ciri yang dapat diberikan untuk itu. Secara garis besar, faktor dalam diri atau personal yang dapat mempengaruhi manusia tersebut berinteraksi dengan manusia yang lain, diantarnya adalah harga diri, tekanan emosional dan isolasi sosial.

Nah, bagaimana? Cukup jelas bukan penjelasan diatas? Manusia memang tidak bisa dilepaskan dengan namanya interaksi atau sosialisasi dengan manusia yang lain. Itu adalah faktor yang membuat kita lebih hidup, dan lebih bahagia dalam menjalani hidup ini.

Demikian artikel tentang manusia sebagai makhluk sosial. Semoga artikel manusia sebagai makhluk sosial ini dapat membantu Anda mencari informasi, dan menambah pengetahuan Anda. Sekian dan terima kasih telah membaca!

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]