Lima Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa yang Mudah & Menghasilkan

Menjadi seorang mahasiswa yang jauh dari rumah tentu memiliki masalah yang umum di alami, yakni keuangan. Orangtua pastinya akan memberikan jatah uang tabungan setiap awal bulan, tapi karena banyaknya pengeluaran, tidak sampai akhir bulan uang tersebut sudah habis.

Tidak jarang mereka berusaha mencari pekerjaan sampingan untuk mahasiswa supaya uang bulanan mereka semakin bertambah. Mereka yang hidup mandiri rela meluangkan waktu mereka untuk bekerja supaya tidak meminta uang terus ke orangtua.

Macam-macam Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa yang Ingin Penghasilan Tambahan

Bagi Anda yang sedang mencari referensi kerja part time atau sampingan, simak yuk beberapa macam pilihan pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa.

A. Menjadi Blogger atau Youtuber

cara cari duit youtube
cara cari duit youtube

Kalau Anda hobi menulis, kenapa tidak Anda tuangkan saja ke blog? Menjadi seorang blogger sebenarnya tidak menghabiskan banyak waktu, tapi harus memuat konten-konten yang kreatif dan unik supaya banyak pengunjung yang membaca tulisan Anda.

Sebagai contoh, Anda suka makan. Anda bisa membuat ulasan mengenai makanan tersebut ke dalam blog Anda, atau bisa juga Anda menulis referensi restoran-restoran yang memiliki makanan yang unik dan enak.

Selain menjadi blogger, Anda juga bisa melengkapinya dengan menjadi seorang Youtuber. Sambungkan saja tulisan Anda menjadi sebuah video supaya orang lain lebih paham isi ulasan Anda. Jangan lupa gunakan Google Adsense supaya Anda mendapat uang tambahan dari hasil artikel dan video Anda.

B. Driver ojek online

Siapa bilang menjadi ojek memalukan? Sekarang ini sebagian besar kota besar sudah hadir yang namanya ojek online. Manfaatkan peluang tersebut untuk menjadi salah satu driver atau mitranya. Menjadi driver ojek online sebenarnya terbuka untuk siapapun, termasuk mahasiswa, yang penting Anda memiliki surat-surat berkendara yang lengkap.

Jadwal untuk mencari penumpang juga fleksibel, karena benar-benar tidak terikat oleh waktu. Anda bisa melakukannya setelah atau sebelum kuliah, apalagi uang dari penumpang bisa langsung Anda nikmati sendiri.

C. Menjadi Event Organizer atau EO

Jika Anda kreatif dalam menyusun sebuah event atau acara, kembangkan saja menjadi bisnis sendiri, yaitu menjadi seorang EO. Mulai saja dari acara yang kecil-kecil, seperti pesta ulang tahun, perpisahan sekolah, dan sebagainya. Anda bisa mengajak beberapa teman yang memiliki ketertarikan yang sama, sehingga Anda tidak perlu kerja sendiri.

Tapi ingat, usahakan Anda merekrut teman yang mempunyai kemampuan berbeda-beda, seperti editing foto dan video, membuat hiasan, dan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa memberikan mereka tugas sesuai dengan keahlian masing-masing.

D. Membuka usaha dokumentasi

Tidak sedikit mahasiswa yang lihai dalam mengedit video maupun foto. Kalau Anda termasuk salah satunya, tuangkan kemampuan Anda untuk membuka usaha dokumentasi. Sekarang ini sudah banyak event yang pastinya membutuhkan adanya foto dan video, seperti momen pernikahan, ulang tahun, serta graduation.

Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa
Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa

Manfaatkan peluang tersebut dengan menawarkannya ke masyarakat umum. Tapi, ada baiknya kalau Anda mengumpulkan portofolio terlebih dahulu supaya mereka percaya dengan usaha Anda ini.

E. Mengambil lowongan di restoran, kafe, atau toko

Kalau Anda berkeliling ke kafe, restoran, atau toko-toko, tidak jarang pemiliknya menawarkan lowongan part time untuk mahasiswa. Biasanya di kafe atau restoran mereka akan menawarkan pekerjaan menjadi coffee maker, waiter, atau kasir.

Sedangkan untuk toko-toko banyak macamnya, mulai dari tempat fotokopi sampai minimarket. Anda bisa melamar pekerjaannya menjadi kasir atau staff yang bertugas melayani orang yang ingin fotokopi.

Beberapa pekerjaan sampingan untuk mahasiswa di atas adalah gambaran umum yang paling banyak ditemukan. Tapi, kalau Anda sudah berniat ingin mengambil part time, usahakan Anda pintar mengatur waktu karena sudah pasti beberapa waktu luang Anda akan terpakai. Selamat mencoba, ya.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]