Inilah Perbedaan Artikel dan Jurnal yang Mendasar

Jika membicarakan artikel dan jurnal, banyak orang yang salah mengerti akan dua hal tersebut dan menganggap bahwa artikel dan jurnal adalah dua hal yang sama. Hal ini salah karena artikel dan jurnal memiliki perbedaan.

Namun banyak orang yang belum mengetahui apa perbedaan artikel dan jurnal. Melihat hal ini, berikut adalah beberapa perbedaan yang ternyata dimiliki oleh artikel dan juga jurnal.

A. Pengertian artikel

Jika membahas artikel, pastinya hal ini bukan suatu hal yang baru bukan untuk anda? artikel sendiri adalah salah satu karya tulis yang mana memang dirancang untuk dimuat atau dimasukkan dalam suatu jurnal.

Bahkan bukan hanya jurnal saja, melainkan artikel pun juga akan ditulis dalam suatu buku yang akan dijadikan suatu kumpulan artikel yang akan di tulis sesuai pedoman yang ada secara ilmiah dan telah di sepakati atau di tetapkan.

Dalam hal ini, artikel sendiri dibuat dari berbagai hasil penelitian yang didapatkan dari lapangan. Beberapa hasil untuk pengembangan suatu projek pun juga didapatkan dari hasil pemikiran dalam bentuk pengembangan suatu projek tertentu. Dalam sebuah artikel, bukan hanya satu namun di kelompokkan menjadi dua artikel.

Jenis-jenis artikel

1. Artikel ilmiah

Artikel ilmiah ini adalah salah satu artikel yang memang hanya mencakup hal-hal yang penting saja. Dalam hal ini, artikel ilmiah berisi tentang beberapa hasil temuan secara ilmiah dan juga kesimpulan dari penelitian ilmiah yang di lakukan.

Artikel tersebut juga disusun secara sistematika penulisan yang terdiri dari sub dan juga beberapa bagian.

2. Artikel penelitian

Dalam artikel penelitian berbeda dengan artikel ilmiah. Dalam hal ini artikel penelitian memiliki beberapa prosedur yang memang harus di taati dan dilakukan. Prosedur tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:

Sebuah artikel penelitian diharuskan ditulis sebelum melakukan laporan teknik. Hal ini bertujuan untuk dapat memperoleh masukan. Laporan penelitian ini juga diharuskan untuk membuat sebuah laporan teknis terlebih dahulu.

Artikel jurnal adalah salah satu tulisan yang memang dirancang dan dibuat untuk melakukan sebuah penelitian, namun penulisannya dilakukan tanpa menggunakan sistem.

B. Pengertian jurnal

Carilah jurnal gratis di situs-situs terpercaya
Carilah jurnal gratis di situs-situs terpercaya

Untuk anda yang memang sedang terjun di bidang akademik pastinya tidak asing lagi dengan jurnal. Dalam hal ini, jurnal berisi banyak artikel yang diterbitkan secara berkala. Jurnal juga biasanya diterbitkan setiap sebulan atau sekali dalam ¼ tahun. Dalam hal ini juga jurnal memiliki beberapa jenis, yaitu:

Jenis jurnal

1. Professional of trade journals

Jurnal yang satu ini memiliki target dimana pada satu profesi. Jurnal ini juga berisi beberapa berita yang terkini, pendapat, ataupun beberapa saran yang praktis berupa sebuah produk yang terbaru. Bahkan dalam jurnal ini juga berisi beberapa ulasan untuk memberikan informasi kepada pembaca.

2. Popular journals

Jurnal ini adalah salah satu jurnal yang berisikan cerita fitur berupa sebuah pendapat, dan juga beberapa potongan dari editorial yang memberikan informasi guna memberikan hiburan untuk para pembacanya. Biasanya jurnal ini juga berisi banyak iklan, ilustrasi dan juga beberapa foto.

3. Scholorly Journals

Lebih dikenal sebagai jurnal wasit, jurnal ini adalah salah satu jurnal akademik. Jurnal ini juga memiliki tujuan utama yaitu untuk menyebarkan suatu pengetahuan dan juga beberapa penelitian soal temuan baru yang jarang teridentifikasi oleh banyak orang.

perbedaan jurnal dan artikel
perbedaan jurnal dan artikel

Itulah perbedaan artikel dan jurnal yang harus diketahui. Dalam hal ini, artikel dan jurnal memiliki beberapa perbedaan dan bisa dilihat dari jenis yang ada. Dengan adanya artikel ini, diharapkan anda tidak akan keliru lagi dalam membedakan mana artikel dan mana jurnal.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]