Inilah 7 Cara Membuat Akte Kelahiran Orang Dewasa dengan Mudah

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, tentunya Anda harus memiliki kelengkapan dokumen terkait diri sendiri. Beberapa dokumen penting yang wajib dimiliki misalnya KTP, KK dan juga akta kelahiran.

KTP dan KK biasanya sudah dimiliki, tapi terkait akta kelahiran ternyata hingga saat ini masih banyak yang belum memilikinya meski sudah dewasa. Sebetulnya cara membuat akta kelahiran orang dewasa sendiri cukup mudah.

Namun, Anda harus tahu lebih dulu syarat dan alur pembuatannya.

Cara Membuat Akte Kelahiran Orang Dewasa Dengan Mudah

Dokumen penting wajib dimiliki untuk kelancaran dalam pengurusan berbagai macam hal. Ya, saat ini Anda butuh dokumen kelengkapan misalnya keperluan pendidikan, pekerjaan hingga ke luar negeri.

Untuk itu semakin cepat mengurus dokumen tentu lebih baik, salah satunya akta kelahiran. Meski Anda sudah dewasa tapi akta kelahiran tetap penting sehingga jika belum memiliki harus segera mengurus pembuatannya.

Tenang saja, cara membuat akta kelahiran orang dewasa sangat mudah. Berikut ini penjelasan yang perlu Anda tahu:

A. Syarat membuat akta kelahiran untuk orang dewasa

Sebelum mengetahui cara membuat akta kelahiran orang dewasa, ada baiknya Anda mempersiapkan syaratnya lebih dulu. Pastikan semua syarat yang ada lengkap sehingga pengurusan akta kelahiran bisa lebih mudah diproses. Berikut ini beberapa syaratnya:

1. KTP foto kopi.

2. KK foto kopi.

3. Surat nikah kedua orang tua dalam bentuk foto kopi dan aslinya.

4. Surat pengantar yang didapat dari RT dan RW.

5. Surat pernyataan kelahiran.

B. Cara membuat akta kelahiran orang dewasa

Usai mengetahui syaratnya, maka Anda juga harus tahu proses pembuatan dari akta kelahiran untuk orang dewasa ini. Tentunya pembuatan akta kelahiran untuk orang dewasa dan anak-anak berbeda sehingga Anda harus paham alurnya.

cara membuat akta kelahiran orang dewasa
cara membuat akta kelahiran orang dewasa

Pastikan catat lebih dulu syarat kelengkapan yang harus dibawa dan berikut ini alur pembuatan akta kelahiran orang dewasa:

1.) Pertama siapkan lebih dulu semua foto kopi dan asli dari KTP, KK dan juga buku nikah orang tua. Untuk berjaga-jaga, ada baiknya untuk membawa dokumen asli juga.

2.) Selanjutnya Anda harus menuju ke ketua RT dan ketua RW setempat di lingkungan Anda. Anda bisa meminta surat pengantar dengan tujuan untuk membuat surat pernyataan lahir.

3.) Jika semua berkas sudah disiapkan, masukkan ke dalam map dan masukkan semua berkas itu menjadi satu di dalamnya.

4.) Datanglah ke kelurahan dengan semua dokumen kelengkapan di tangan. Di kelurahan Anda harus meminta surat pernyataan kelahiran. Jangan lupa jika tanda tangan lurah dan cap kelurahan wajib ada.

5.) Lanjutkan menuju ke dinas catatan sipil jika semua dokumen sudah didapatkan.

6. Anda bisa ambil nomor antrian lebih dulu sehingga nantinya petugas lebih mudah memanggil.

7.) Jika petugas sudah memanggil, maka utarakan maksud dan tujuan Anda untuk membuat akta kelahiran. Jangan lupa berikan semua dokumen yang Anda bawa kepada petugas untuk dilakukan pengecekan.

Jika sudah, maka petugas akan mengerjakan permintaan Anda dan Anda tinggal menunggu akta kelahiran jadi.

Itulah syarat dan cara membuat akta kelahiran orang dewasa. Ternyata tidak rumit bukan? Agar semua proses berjalan lancar, ada baiknya semua syarat dipenuhi. Jika memungkinkan, bawa juga dokumen asli sebagai jaga-jaga jika nantinya diminta oleh petugas dari dinas catatan sipil.

Proses pembuatannya pun cepat. Namun, kemungkinan selalu ada antrian yang cukup panjang sehingga Anda bisa mengajukan ijin kerja jika memang ingin mengurus akta kelahiran.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]