3 Tahapan Sederhana Membuat SKCK di Luar Domisili

Pernahkah Anda mendengar tentang SKCK? SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah suatu surat yang dikeluarkan dari pihak Kepolisian Indonesia. Surat itu berisi catatan diri Anda yang terekam di data kepolisian. Itulah sebabnya dahulu surat tersebut dinamakan dengan SKKB atau Surat Keterangan Kelakuan Baik.

Anda bisa mengajukan pembuatan surat tersebut melalui Polsek atau Kepolisian Sektor maupun Polres atau Kepolisian Resort setempat. Pembuatan surat tersebut seharusnya dilakukan di domisili sesuai KTP.

Akan tetapi ternyata ada juga cara lain untuk membuat SKCK di luar domisili. Inilah penjelasan lebih lengkapnya.

3 Tahap Utama Dalam Membuat SKCK Di Luar Domisili

SKCK memiliki banyak kegunaan. Sebagai contoh, pada umumnya SKCK digunakan sebagai syarat kelengkapan dalam mengikuti ujian CPNS atau melamar pekerjaan lainnya. Surat tersebut bisa dipakai selama 6 bulan dari tanggal dikeluarkannya. Anda bisa pula memperpanjang surat itu bila memang dibutuhkan.

Seperti yang sudah disinggung di awal, pembuatan SKCK ternyata bisa dilakukan di luar domisili atau alamat asal. Hal ini tentunya sangat berguna. Terlebih jika Anda merupakan orang rantau yang jauh dari rumah. Maka dari itu, inilah tahapan membuat SKCK di luar domisili.

1. Kumpulkan Syarat-Syaratnya

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat SKCK di luar domisili adalah dengan mengumpulkan semua persyaratan yang diminta. Anda harus memastikan tidak ada syarat yang tidak terkumpul. Adapun syarat-syarat tersebut antara lain:

  • Foto copy KTP atau foto copy SIM
  • Foto copy Akta Kelahiran atau foto copy ijazah terakhir
  • Foto copy KK
  • 6 lembar pas foto berukuran 4 x 6 (latar merah)
  • Sidik jari pemohon. Jika pemohon merupakan di luar domisili KTPnya maka pemohon harus membuat rekaman rumus sidik jari.

2. Membuat Rekaman Sidik Jari

Untuk membuat rekaman sidik hari Anda membutuhkan foto copy KTP dan juga pas foto berukuran 2 x 3 serta 4 x 6 (latar merah). Setelah semua syarat perekaman sidik jari terkumpul maka Anda bisa mendatangi Polres setempat tepatnya di bagian perekaman sidik jari.

Mintalah formulir rekam sidik jari dengan memberikan syarat-syarat yang telah dibawa.

Isilah data yang dibutuhkan di formulirnya. Jika sudah maka nanti Anda akan mulai perekaman sidik jari dengan dibantu petugas. Nantinya semua jari akan direkam dengan memakai tinta hitam yang mirip dengan cap jari.

Tunggu hingga hasil rekam jari selesai. Apabila sudah selesai nantinya Anda akan menerika hasil berupa rumus sidik jari tadi. Anda bisa melaminating hasil rekaman tersebut karena hasil itu berlaku seumur hidup.

3. Pembuatan SKCK

membuat SKCK luar domisili
membuat SKCK luar domisili

Tahap untuk membuat SKCK di luar domisili selanjutnya adalah pembuatan surat itu sendiri. Ketika semua berkas yang diperlukan sudah tersedia semua maka Anda bisa mengirim berkas tersebut ke alamat rumah sesuai dengan KTP. Jangan lupa kirim juga hasil rekaman sidik jarinya.

Pastikan semua berkas terkumpul jadi satu sebelum mengirimnya. Jika sudah maka Anda dapat meminta bantuan orang di rumah untuk mengurus pembuatan SKCKnya di Polres domisili. Selesai.

Demikian 3 langkah utama dalam membuat SKCK di luar domisili. Langkah-langkah tersebut tentunya lebih praktis dan efisien daripada Anda harus pulang sendiri ke rumah dan mengurusnya.

Apabila alamat KTP dekat dengan alamat yang saat ini ditinggali maka tidak jadi masalah. Tapi jika tidak, maka Anda bisa kesusahan dan repot dalam mengurusnya. Belum lagi jika Anda terbilang sibuk dan susah untuk mencari izin bekerja.

Semoga dengan adanya tulisan ini bisa membantu Anda. Sekian.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER