Cara Membuat Struktur Organisasi dengan Bantuan Software

Untuk membuat sebuah struktur organisasi adalah cara yang mudah terutama menggunakan bantuan Microsoft Office. Dalam hal ini anda dapat membuat ilustrasi untuk melakukan penghubungan laporan di perusahaan atau organisasi yang anda ikuti dengan menggunakan bantuan grafik SmartArt.

Grafik SmartArt ini memberikan bantuan untuk membentuk suatu tata letak organisasi, seperti salah satunya bagan organisasi di Microsoft. Hal ini tentunya akan memudahkan anda untuk mengetahui cara membuat struktur organisasi dengan mudahnya. Berikut ini adalah gambaran umum dan bagaimana cara untuk membuat sebuah struktur di organisasi menggunakan bantuan Microsoft.

Grafik SmartArt ini akan digunakan untuk anda yang ingin membuat struktur organisasi baik menggunakan Microsoft Excel, Outlook, Powerpoint atau Word sekalipun. Dengan cara pembuatan ini akan memperlihatkan bagaimana hubungan suatu laporan dalam organisasi, seperti salah satunya manajer dengan karyawan. Berikut ini adalah cara untuk membuat sebuah struktur organisasi menggunakan Microsoft.

Cara membuat sebuah struktur organisasi dengan Microsoft

Pertama

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi Microsoft yang anda inginkan, seperti salah satunya Microsoft Word. Setelah itu anda dapat mencari tab “Sisipkan” lalu pilih pilihan Ilustrasi dan pilih SmartArt.

Option SmartArt nantinya akan menjadi pilihan utama kita dalam membuat sebuah bagan dalam struktur organisasi. Anda dapat melakukan hal yang sama jika membuatnya dalam Microsoft Power Point.

Kedua

Setelah itu, pilihlah grafik SmartArt lalu pilih Hierarki dan klik untuk tata letak bagan organisasi yang ada. Pilihan tersebut memang dibuat khusus untuk pembuatan sebuah struktur organisasi sehingga memudahkan banyak orang dalam membuat struktur organisasi yang diinginkan.

Ketiga

Pada tahapan selanjutnya, anda dapat memasukkan teks yang anda inginkan setelah kotak atau bagan keluar, caranya adalah:

  • Klik kotak atau bagan yang ada di grafik SmartArt, dalam hal ini anda dapat langsung memasukkan teks yang anda inginkan seperti jabatan tertinggi hingga terendah.
  • Salah satu cara terbaik dalam mengisi teks adalah, sebaiknya anda membuat semua bagan atau kotak terlebih dahulu, lalu masukan semua tulisan atau teks yang anda inginkan.

Keempat

Selanjutnya pada bagan akan keluar tulisan Text, anda dapat memilih panel teks tersebut lalu ketik bagian apa yang ingin anda tuliskan pada kotak atau bagan organisasi tersebut.

Kelima

Lalu anda dapat menyalin teks dari lokasi atau ke program lain, klik bagian Text yang ada di panel teks yang telah disediakan lalu anda dapat langsung menempelkan teks yang anda inginkan.

Tuliskan jabatan secara berurutan untuk membuatnya tetap rapih. Dalam hal ini anda juga bebas untuk melakukan edit jika terjadi kesalahan tanpa memengaruhi table yang ada.

Keenam

Langkah terakhir yaitu lengkapi tulisan untuk semua bagan yang diinginkan, pilihlah warna table yang anda inginkan sesuai dengan selera dan tulisan yang anda inginkan. Dalam hal ini anda bebas untuk mengedit struktur organisasi yang anda buat sesuai dengan keinginan.

Tidak sulit dalam membuat struktur organisasi menggunakan bantuan Microsoft, karena memang sudah disediakan bagan-bagan yang memang dibuat untuk membuat sebuah struktur organisasi. Buatlah struktur organisasi yang anda inginkan dan butuhkan sesuai dengan keinginan dan desain dengan bantuan Microsoft apapun.

Tentunya cara ini menunjukkan bahwa cara membuat struktur organisasi dengan bantuan Microsoft merupakan salah satu cara paling mudah dan tersingkat. Anda dapat menggunakan cara ini untuk mengetahui cara membuat struktur organisasi yang dibutuhkan oleh perusahaan maupun organisasi yang anda ikuti.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]