Ini 5+ Alternatif Cara Menjernihkan Air Sumur yang Kuning & Berminyak

Pada beberapa daerah di Indonesia, penduduk masih memanfaatkan sumur sebagai sumber mata air. Namun, air dari sumur biasanya tidak terlalu bersih, berwarna kekuningan dan tidak jernih. Oleh karena itu, cara menjernihkan air sumur yang kuning dan berminyak dilakukan agar air bisa digunakan secara maksimal, misalnya untuk mencuci, mandi dan konsumsi.

Pembahasan kita kali ini akan kita bagi menjadi 2 bagian, yaitu:

  1. Cara Menjernihkan Air Sumur dengan Bahan Sederhana
  2. Cara Menjernihkan Air Sumur Bor yang Kuning dan Beriminyak

I. Cara Menjernihkan Air Sumur Dengan Bahan Sederhana

Air adalah salah satu hasil alam yang penting bagi manusia. Saat ini, banyak upaya pemerintah memberikan layanan perairan agar kebutuhan tersebut terpenuhi. Akan tetapi pada daerah tertentu, layanan air bersih belum terjangkau sehingga untuk mendapatkan air, masyarakat membuat sumur berupa sumur galian maupun sumur bor. Untuk bisa dimanfaatkan airnya, sumur yang baik memiliki beberapa kriteria sebagai berikut:

  1. Jarak antara MCK dengan sumur minimal 10 meter untuk menghindari pencemaran air terhadap limbah dari MCK.
  2. Untuk mendapatkan air sumur yang bersih, pilihlah area tanah yang bercampur pasir.
  3. Kedalaman sumur lebih dari 10 meter.
  4. Sebaiknya tidak membuat sumur di tanah bekas rawa atau bekas area pembuangan sampah.

Apabila sumur telah memenuhi kriteria sumur yang baik, maka untuk mendapatkan air yang jernih dan layak konsumsi di bawah ini adalah lima alternatif cara menjernihkan air sumur, yaitu:

A. Menggunakan Ijuk

Ijuk adalah serat pohon yang biasanya dibuat sebagai bahan baku pembuatan sapu. Cara menggunakan ijuk untuk menjernihkan air sumur adalah sebagai berikut :

  • Pilihlah 5 rangkaian ijuk yang berbentuk lingkaran dengan ukuran diameter kurang lebih 1 meter.
  • Susun ijuk tersebut, kemudian ikat tali dan berikan pemberat agar ijuk tidak mengapung.
  • Masukkan susunan ijuk tersebut ke dalam sumur, dorong menggunakan batang kayu atau bambu hingga ke bagian dasar sumur.

B. Menggunakan Arang tempurung Kelapa

Arang tempurung kelapa bisa digunakan untuk menjernihkan air karena mengandung karbon aktif yang fungsinya dapat mengikat kotoran. Cara menjernihkan air sumur dengan arang tempurung kelapa adalah sebagai berikut :

  • Ambil arang secukupnya dan bungkus dengan menggunakan kain, kemudian diikat.
  • Masukkan bungkusan arang tersebut ke dalam sumur.

C. Menggunakan Tawas

Tawas merupakan salah satu senyawa kimia berupa kristal putih yang menyerupai gula batu. Tawas memiliki banyak manfaat, selain untuk bahan kecantikan dan bahan pengawet, batuan kecil ini juga mampu menjernihkan air, caranya adalah sebagai berikut :

  • Larutkan 1 kg tawas dengan ½ liter air bersih.
  • Masukkan larutan tawas ke dalam sumur.

D. Membuat Filter Air

Selain menggunakan bahan-bahan sederhana di atas, cara menjernihkan air sumur juga bisa dilakukan dengan membuat filter air sederhana. Filter air terbukti secara efektif mengubah air sumur yang keruh menjadi jernih. Bahan dan cara membuat filter air yaitu :

Bahan

  1. Pasir
  2. Kerikil Kecil
  3. Kerikil Besar
  4. Kapas
  5. Botol ukuran1,5 liter
  6. Gunting

Cara Membuat

  1. Potong bagian bawah botol dan lubangi bagian tutupnya
  2. Masukkan kapas ke dalam botol hingga menyentuh bagian tutup
  3. Untuk lapisan selanjutnya, masukkan pasir,kerikil kecil dan kerikil besar dengan ketinggian masing-masing 2 inchi.
  4. Gunakan filter ini untuk menyaring air dari sumur sebelum digunakan.
  5. Filter air ini bisa dibuat dengan ukuran yang lebih besar sesuai kebutuhan Anda.
cara menjernihkan air sumur
cara menjernihkan air sumur

E. Menguras Sumur

Cara terakhir untuk menjernihkan air sumur adalah dengan cara menguras. Air yang keruh bisa disebabkan oleh lumut yang ada pada dinding sumur. Dengan menguras sumur, diharapkan lumut-lumut tersebut dapat terangkat.

Dengan beberapa alternatif cara menjernihkan air sumur di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah air keruh pada sumur. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya kuras air sumur secara teratur untuk mencegah bertumbuhnya jamur di dinding sumur.

II. Solusi Terampuh Menjernikah Air dalam Sumur Bor Yang Kuning dan Berminyak

Apabila di rumah Anda masih menggunakan sumur bor, terkadang pasti akan mengalami yang namnya air berminyak dan berubah jadi kuning. Jika itu terjadi maka Anda harus mengetahui bagaimana  cara menjernihkan air sumur bor yang kuning dan berminyak.

Untuk sejumlah wilayah yang sudah memiliki banyak persediaan air minum bersih pasti jarang menggunakan sumur bor. Pasalnya kebanyakan orang yang menggunakan sumur bor pasti berada di wilayah terpencil dan masih sulit untuk mendapatkan sumber air. Meskipun sumur bor menjadi solusi untuk mendapatkan air bersih, terkadang air yang dihasilkan justru kuning dan penuh dengan minyak. Kemudian bagaimana cara menjernihkan air sumur bor yang kuning dan berminyak?Berikut solusinya.

Tahap Menjernihkan Air Dalam Sumur Bor

Umumnya air yang terdapat pada sumur bor memang tidak terlalu bersih, kemudian ada warna kekuningan dan sedikit keruh. Sebenarnya kriteria air tersebut sangat tidak aman dikonsumsi. Namun jangan kahwatir karena saat ini cara menjernihkan air sumur bor yang kuning dan berminyak sudah ditemukan. Sehingga Anda hanya perlu menjalankan sejumlah tahapannya dengan baik :

A. Memastikan Kedalaman Sumurnya Lebih Dahulu

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan sumur bor menghasilkan air yang kuning serta berminyak. Salah satu faktornya yaitu, kedalaman sumur tidak lebih dari 10m. Hal tersebut tentu hanya akan menghasilkan air yang tidak baik untuk kesehatan. Untuk menjernihkan air dalam sumur bor, maka Anda harus memperdalam sumurnya dahulu. Pasalnya air tidak akan kembali jernih apabila kedalaman sumurnya tidak mencapai 10m.

B. Hindari Lahan Bekas Pembuangan Sampah Atau Rawa

Ketika Anda melihat air kekuningan dari sumur bor, maka bisa jadi Anda telah membuat sumur bor dari lahan bekas rawa atau pembuangan sampah. Sehingga tekstur tanahnya telah tercampur oleh sampah, kuman dan juga bakteri. Campuran itulah yang pada akhirnya akan menyebabkan air menjadi keruh dan terkadang hingga menimbulkan bau. Solusi yang harus dilakukan adalah membuat sumur bor baru di lahan yang benar-benar bersih. Sehingga air yang dihasilkan tidak berwarna dan tidak berminyak.

C. Menggunakan Beragam Benda Penjernih Air

Ketika kedalaman sumur dan lahan yang digunakan untuk membangun sumur telah tepat, maka sekarang lihat kembali keadaan airnya. Jika memang air masih tampak keruh, maka Anda perlu mencari beberapa benda untuk menjernihkan air. Ada beberapa macam benda yang dapat Anda gunakan sebagai penjernih air. Contohnya adalah tawas, kemudian ijuk dan arang yang ada di tempurung kelapa.

Itulah 3 langkah cara menjernihkan air sumur bor yang kuning dan berminyak. Ada beberapa orang yang telah melaksanakan beberapa tips di atas dan ampuh. Keberadaan air bersih memang telah semakin sulit diperoleh. Padahal air bersih sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari, entah itu untuk mandi, mencuci, memasak dan minum. Apabila ketersediaan air yang bersih sudah tidak ada, kesehatan pun akan diserang beragam penyakit.

Leave a Comment