Contoh Keterampilan Non Teknis Mendasar yang Pasti Berguna

Keterampilan non teknis atau yang biasa disebut dengan soft skill merupakan salah satu hal yang sangat berguna sekarang ini. Selain ijazah sebagai bukti bahwa kamu telah menyelesaikan pendidikan formal, soft skill adalah salah satu pertimbangan yang dipikirkan oleh HRD di sebuah perusahaan di mana nantinya kamu akan mendaftar kerja. Semua soft skill sangat mungkin untuk kamu pelajari, baik di dalam ataupun di luar kelas.

Beberapa tugas di dunia perkuliahan diberikan kepada mahasiswa oleh dosennya yang harus dikerjakan dalam cara berkelompok. Pengerjaan tugas kelompok sangat mungkin untuk melatih soft skill-mu. Cara memimpin, pembagian tugas, mendengarkan saran orang lain merupakan contoh keterampilan teknis yang bisa kamu kembangkan.

Contoh Keterampilan Non Teknis yang Pasti Berguna untuk Kamu, Karyawan yang Serba Bisa

Di luar kelas, soft skill bisa kamu latih dengan rajin mengikuti berbagai macam kegiatan di organisasi. Unit kegiatan mahasiswa yang ada di kampusmu bisa kamu gunakan sebagai fasilitas pengembang soft skill. Hampir sama dengan tugas kelompok yang diberikan oleh dosen, berbagai macam kegiatan di organisasi juga akan menuntutmu untuk bisa bertanggung jawab terhadap semua kewajiban yang harus kamu emban.

Dari semua soft skill yang kamu latih, nantinya soft skill tersebut akan sangat berguna di dunia kerja. Apa saja? Berikut ini penjelasannya:

1. Selalu ingin tahu dan tidak mudah menyerah

Keinginan untuk selalu mengeksplor hal baru merupakan salah satu soft skill yang akan berguna di dunia kerja. Ulet dan tekun menyelesaikan suatu masalah menjadi salah satu sikap yang memiliki nilai tinggi di depan atasan.

Bos di tempatmu bekerja akan memiliki penilaian tinggi terhadapmu sehingga sangat dimungkinkan kamu akan diberi tanggung jawab lebih. Tanggung jawab besar yang akan kamu emban bisa menjadi penunjuk bahwa kamu adalah salah satu individu yang berkualitas.

Dengan begini, dijamin bos dan teman kantormu yang lain akan respek terhadapmu.

2. Tidak asal memilih gaya berbusana

Gaya berbusana bisa menjadi salah satu penunjuk bagaimana kepribadian kamu. Meskipun hal ini tidak bisa dijadikan satu-satunya patokan, tapi cara orang berpenampilan setiap harinya mampu memberikan impresi terhadap orang lain.

Bila kamu bekerja di bidang kreatif, cara berbusana yang santai dan tidak terlalu formal merupakan hal yang sah untuk dilakukan. Akan tetapi, bila kamu harus bekerja di salah satu perusahaan di luar bidang tersebut, pakaian formal merupakan hal yang wajib untuk selalu dikenakan.

Kerapian saat menggunakan pakaian bisa menjadi nilai tambah bagi dirimu sendiri. Kemampuan untuk memadupadankan berbagai macam pakaian harus selalu kamu latih, ya.

3. Tepat waktu adalah salah satu kunci sukses

Seseorang yang menghargai waktu dengan cara selalu datang di waktu yang telah dijanjikan bisa menjadi tanda bahwa kamu bisa menghargai orang lain. Tepat waktu juga bisa menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang disiplin.

contoh keterampilan non teknis
contoh keterampilan non teknis

Kedisiplinan merupakan hal penting yang harus selalu dijaga saat sudah berada di dunia kerja. Bila kamu sudah menjadi orang yang selalu tepat waktu, persiapanmu sebelum bertemu dengan orang lain akan semakin maksimal.

Beberapa contoh keterampilan non teknis yang telah disebutkan bisa menjadi salah satu hal yang bisa kamu banggakan bila sudah terasah dengan baik. Kualitasmu juga akan semakin meningkat bila terus-menerus melatih soft skill tersebut. Namun, hal yang perlu diingat adalah meskipun soft skill selalu kamu kembangkan, jangan lupa untuk terus mengasah hard skill.

Usahakan untuk terus menyeimbangkan keduanya.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]