5 Cara Mengurus Kartu ATM BCA Hilang Dengan Mudah

BCA adalah salah satu bank terbesar yang ada di Indonesia dan memiliki nasabah yang cukup banyak. Tidak hanya itu, bank ini senantiasa memberikan layanan yang terbaik untuk mempermudah para pengguna layanan melakukan kebutuhannya, salah satunya dengan adanya ATM. Lantas, bagaimana jika kartu ATM BCA hilang?

Ya, ATM yang hilang memang menjadi salah satu masalah yang cukup banyak terjadi. Lupa di mana menaruh atau dompet yang terjatuh menjadi sebab yang paling banyak ditemukan. Nah, jika Anda mengalami hal demikian, maka sebenarnya Anda tidak perlu khawatir. Ya, hal ini dikarenakan pengurusan ATM hilang adalah sesuatu yang mudah.

Hanya saja, beberapa nasabah seringkali bingung dan merasa khawatir bahwa tabungan mereka akan dikuras. Oleh karena itu, pembahasan mengenai cara mengurus ATM BCA yang hilang menjadi penting. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Tapi sebelum itu pembahasan artikel tentang ATM BCA Hilang akan kita bagi tiga bagian yaitu:

  1. Cara Blokir Kartu ATM BCA yang hilang
  2. Cara Mengurus ATM BCA yang hilang
  3. Cara Mengurus Buku Tabungan yang Hilang

Yuk disimak.

A. Cara Memblokir ATM BCA yang Hilang

Mengapa ketika ATM BCA kita hilang maka langkah pertama adalah memblokirnya? Jawaban sederhananya adalah agar kartu ATM kita tidak disalahgunakan. Memblokir kartu ATM cukup mudah dan ada tiga macam cara, yaitu berikut ini:

Memblokir Kartu ATM BCA dengan Internet Banking

Jikala Anda sudah mengaktifkan layanan i-banking BCA, maka cara memblokir ini adalah yang paling mudah. Berikut adalah langkah singkat blokir ATM BCA melalui internet banking :

  • Buka situs i-banking BCA, yaitu ibank.klikbca.com.
  • Masukan Username ID dan PIN anda di kotak yang ada pada laman depan. Kemudian klik tombol “Login”.
  • Setelah masuk, klik menu “Administrasi
  • Kemudian pilih menu “Blokir Kartu ATM
  • Biasanya Anda akan diminta “Tanggal Lahir Anda” untuk memverifikasi keamanan.
  • Tunggu beberapa saat, maka Anda akan mendapatkan informasi bahwa ATM telah berhasil diblokir.

Memblokir Kartu ATM BCA dengan Halo BCA (Telepon)

Selain menggunakan internet, Anda juga bisa memblokir kartu ATM melalui call center Halo BCA di 1500888. Gambaran cara singkatnya adalah sebagai berikut:

  • Masukkan 1500888 di ponsel Anda, lalu tambahkan nomor 6331di bagian depan nomor Halo BCA jika Anda sedang di luar negeri.
  • Lalu pilih tombol “Call
  • Ikuti arahan dari Halo BCA, lalu pilih angka “1” untuk bahasa Indonesia.
  • Setelah itu tekan angka “1” lagi untuk layanan perbankan BCA.
  • Lalu ikuti pentunjuk yang Berkomunikasi dengan Customer Service dengan menekan “nol”
  • Lalu ketik nomor BCA rekening di atas, dan akhir dengan tanda bintang. Contoh: 7654321*
  • Setelah tersambung dengan CS, sampaikan bahwa Anda ingin memblokir kartu ATM sehingga tidak disalahgunakan.
  • Selesai

B. Langkah Mengurus ATM BCA yang Hilang ke Bank

ATM BCA yang hilang, sebagaimana telah disinggung di awal, merupakan salah satu masalah yang cukup sering terjadi. Selain karena lupa menaruh ATM, salah satu penyebab yang cukup banyak terjadi adalah kartu tertelan ATM. Nah, jika Anda mengalami hal demikian, maka ada beberapa solusi yang bisa dilakukan.

Ya, BCA menyiapkan langkah yang cukup mudah untuk mengurus kartu ATM BCA hilang.

Adapun langkah yang bisa dilakukan untuk mengurus dan mendapatkan ulang ATM BCA yang hilang adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan buku tabungan dan juga data diri Anda berupa KTP asli. Dalam hal ini, Anda tidak perlu membawa surat kehilangan dari kantor kepolisian. Dua dokumen awal sudah cukup untuk memastikan data diri Anda
  2. Memblokir ATM BCA dengan Internet Banking . Dalam hal ini usahakan Anda tidak datang ke kantor cabang
  3. Ambil nomor antrean untuk bertemu dengan CS dari BCA. Tunggu antrean dengan sabar
  4. Saat Anda dipanggil, maka menghadaplah ke CS dan ungkapkan apa yang menjadi masalah dengan tabungan Anda
  5. Nah, CS akan berusaha melakukan verifikasi sebelum mengurus ATM BCA yang hilang. Dalam hal ini, ada beberapa pertanyaan yang akan diajukan, seperti nama lengkap Anda, nomor rekening, waktu transaksi terakhir dan nama ibu kandung. Jawab pertanyaan tersebut dengan lugas
  6. Jika pertanyaan tersebut terjawab dengan baik, maka kartu ATM BCA Anda yang baru akan segera diproses. Butuh waktu sekitar 15 menit untuk pengurusan kartu ATM BCA baru tersebut
  7. Selesai

C. Cara mengurus Buka Tabungan BCA Hilang

Meskipun amat jarang sekali buku tabungan terjadi, tetapi tidak mentup kemungkinan itu terjadi. Bisa karena keteledoran ata hal apapun. Pun sekarang buku tabungan hampir tidak pernah terpakai lagi.

Namun kalaupun buku tabungan hilang maka langkah mengurusnya adalah:

  1. Datangi kantor cabang BCA.
  2. Bawa kartu identitas.
  3. Datang ke CS untuk menyampaikan maksud.

Sebagian bank akan membutuhkan Surat Kehilangan dari Kepolisian.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas. Bisa disimpulkan bahwa mengurus kartu ATM BCA hilang sebenarnya cukup mudah. Hal ini dikarenakan BCA sendiri memberikan kemudahan pengurusan kepada para nasabah sebagai salah satu bentuk pelayanan terbaik mereka.

kartu atm bca hilang
kartu atm bca hilang

Tidak hanya itu, waktu pengurusan ATM yang hilang juga tergolong sangat singkat. Dalam hal ini, Anda hanya perlu sekitar 15 menit dan ATM BCA Anda yang hilang akan digantikan dengan yang baru. Tentu, hal ini sangat menyenangkan karena Anda tidak perlu menunggu pembuatan ATM selama beberapa hari.

Lantas, apakah pembuatan ATM baru ini dibebankan biaya? Ya, pihak BCA membebankan biaya pada pengurusan ATM yang hilang. Dalam hal ini, biaya yang diperlukan adalah sekitar Rp 10.000 saja. Biaya ini tentu saja sangat terjangkau bagi Anda, terutama jika dibandingkan dengan layanan yang diberikan.

Nah, demikian beberapa ulasan singkat mengenai pengurusan kartu ATM BCA hilang. Dengan pengurusan yang mudah dan tidak berbelit-belit, tentu saja Anda tidak perlu khawatir saat hendak mengurus ATM BCA yang baru. Semoga membantu.

Deskripsi: kartu ATM BCA hilang merupakan salah satu masalah umum yang sering terjadi. Namun, BCA menyiapkan solusi cepat untuk menanganinya.

Leave a Comment