Perbedaan Kartu Kredit Dan ATM Yang Perlu Diketahui

Seiring dengan perkembangan digitalisasi akhir-akhir ini, mata yang pun mulai banyak terdapat dalam bentuk digital. Alasan efisiensi menjadi salah satu dasar maraknya pembayaran cashless di berbagai lokasi transaksi. Nah, sejalan dengan adanya pembiayaan digital, muncul beberapa jenis pembayaran, seperti kartu kredit dan ATM. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai perbedaan kartu kredit dan ATM.

Tidak di pungkiri bahwa kartu kredit dan ATM menjadi dua jenis alat pembayaran yang kini banyak dipilih dan digunakan untuk transaksi. Dengan menggunakan kartu kredit dan ATM, maka transaksi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan lebih cepat. Tidak hanya itu, Anda juga bisa bertransaksi kapan saja tanpa harus membawa banyak uang.

Nah, guna mengetahui detail dari kartu kredit dan ATM, kita akan membahas beberapa perbedaan diantara keduanya. Dengan mengetahui apa perbedaan dari kartu kredit dan ATM, tentu Anda bisa memilih mana jenis pembayaran cashless yang cocok untuk Anda gunakan setiap hari.

Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini. Selamat membaca.

A. Mengenal Kartu ATM

Dalam pembahasan mengenai ragam perbedaan kartu kredit dan ATM, kita akan membahas ATM terlebih dahulu. Pembahasan per item ini bertujuan agar Anda lebih mudah memahami masing-masing jenis pembayaran cashless dan nantinya bisa memahami pengertian masing-masing.

Lalu, apa itu kartu ATM?

Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa ATM adalah kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank. Guna kartu ini adalah memudahkan nasabah untuk mengambil uang cash di mesin-mesin ATM yang sudah disediakan. ATM merupakan singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri. Nah, dari pengertian ini bisa dipahami bahwa ATM adalah kartu yang digunakan untuk mengoperasikan mesin ATM.

Tidak hanya untuk mengambil uang cash saja, ATM juga memiliki beberapa fungsi lain. Dalam hal ini, ATM juga bisa menjadi sarana pembayaran melalui transfer. Beberapa marketplace yang ada sekarang ini merupakan salah satu pengembangan dari fungsi ATM. Dengan ATM, Anda bisa memesan barang dari luar daerah dan melakukan pembayaran dengan lebih mudah.

B. Mengenal Kartu Kredit

Nah, dalam pembahasan mengenai detail perbedaan kartu kredit dan ATM, pada poin kedua kita akan membahas tentang kartu kredit. Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang dikeluarkan oleh pihak bank dan kini menjadi pilihan bagi sebagian orang.

perbedaan kartu atm dan kartu kredit
perbedaan kartu atm dan kartu kredit

Dengan menggunakan kartu kredit, maka transaksi akan menjadi lebih mudah dan tentu saja tidak ribet. Bahkan, hal lain yang menjadi salah satu kelebihan dari kartu kredit adalah Anda akan bebas bertransaksi berapa saja dengan ketentuan limit yang berbeda-beda.

Secara bentuk, memang kartu-kartu ini sama saja. Hanya saja, ada perbedaan yang mencolok dari kartu kredit dan ATM. Seperti namanya, kartu kredit didasarkan pada kredit. Artinya, jika Anda melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, maka Anda akan berhutang kepada bank.

Dasar kartu kredit memang hutang dan bukan saldo sebagaimana ATM. Memang, ada penawaran yang menarik berupa diskon yang lebih besar jika Anda menggunakan kartu kredit. Hanya saja, jika Anda tidak bisa mengerem belanja, maka bisa jadi Anda akan rugi dan terlilit hutang jika menggunakannya. Kartu kredit sendiri akan membuat Anda memiliki tagihan per bulan.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai perbedaan kartu kredit dan ATM. Dari beberapa penjelasan di atas, Anda bisa melihat garis merah dari perbedaan keduanya. Secara fungsi, memang, adanya kartu-kartu tersebut akan memudahkan transaksi yang dilakukan. Hanya saja, Anda harus lebih bijak agar tidak boros. Semoga bermanfaat.

Deskripsi: perbedaan kartu kredit dan ATM cukup kentara. Kedua kartu ini merupakan alat bayar cashless modern yang kini cenderung lebih banyak digunakan.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]