Keuntungan Letak Geografis Indonesia Dilihat dari 4 Sektor

Letak geografis merupakan letak suatu negara atau wilayah lainnya yang bisa kamu lihat melalui keadaan permukaan buminya serta kondisi alam sekitar. Misalkan negara Indonesia, sesuai dengan letak geografisnya, Indonesia diapit oleh 2 samudera serta 2 benua. Dengan kondisi geografisnya tersebut, tentu membuatnya sebagai negara yang sangat strategis. Tidak heran memberikan keuntungan letak geografis Indonesia dari beberapa sektornya.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia

1. Sektor pariwisata

Seperti yang sudah banyak orang tahu, Indonesia punya pemandangan yang menakjubkan dari Sabang sampai Marauke. Masing-masing daerah memiliki keindahan alam yang tidak kalah cantiknya dari negara lainnya. Karena itulah, masyarakat setempat yang sudah bekerja sama dengan pihak pemerintah mengoptimalkan keberadaan tempat wisata yang cantik agar menarik banyak traveller mancanegara.

Salah satu tempat wisata yang sudah sangat terkenal sampai luar negeri yaitu Bali. Pemerintah setempat mengoptimalkan tiap tempat-tempat wisatanya agar wisatawan lokal dan mancanegara bisa menikmatinya dengan sempurna. Keindahan Pulau Dewata sendiri juga berasal dari keuntungan letak geografis Indonesia yang membuatnya memiliki banyak pantai-pantai yang eksotis dan indah.

2. Sektor transportasi

Selain dari pariwisata, sektor transportasi juga terkena dampak positif dari letak geografisnya Indonesia. Karena diapit oleh 2 benua dan 2 samudera, tidak heran membuatnya menjadi salah satu negara dengan lajur lalu lintas internasional terbesar di Asia. Transportasinya sendiri sudah mengalami banyak kemajuan dan lebih modern karena didukung oleh negara-negara maju.

Pilar utama dalam transportasi negara Indonesia adalah angkutan laut dan udaranya. Kedua transportasi itu sangat penting ditingkatkan untuk perdagangan dunia sehingga Indonesia sering kali gencar membeli angkutan baru demi kepentingan negara serta internasionalnya. Mulai dari kapal, pesawat hingga transportasi lainnya selalu dihadirkan baru oleh negara agar menunjang sektor angkutannya.

Keuntungan geografis Indonesia diapit 2 benua dan 2 samudera
Keuntungan geografis Indonesia diapit 2 benua dan 2 samudera

3. Sektor ekonomi

Seperti yang sudah sempat di bahas di sektor sebelumnya, Indonesia yang berada di letak geografis yang strategis membuatnya berada di jalur lalu lintas transportasi dunia, sehingga secara otomatis sektor perdagangannya pun semakin meluas. Meski begitu, pemanfaatan sumber daya adalah cara terbaik meningkatkan sektor ekonominya, apalagi Indonesia punya bahan pangan yang melimpah, mulai dari sayur mayurnya, buah-buahan, beras, serta tanaman-tanaman lainnya.

Potensinya semakin baik karena tanahnya sendiri juga berada di wilayah yang subur, ditambah iklimnya yang bersifat tropis membuat sektor pertaniannya cepat berkembang. Sedangkan di bidang kelautannya, kamu pasti tahu kalau negara kita dikenal sebagai negara Maritim? Ya julukan tersebut diberikan karena Indonesia punya wilayah laut yang terbentang luas dengan ragam hayatinya yang melimpah.

Dengan kaya akan hayatinya, tidak heran Indonesia selalu mengeskpornya ke luar negeri, sehingga perekonomiannya ikut meningkat.

4. Sektor komunikasi

Di sektor komunikasinya, Indonesia juga mendapatkan keuntungan dari strategisnya letak geografisnya. Pedagang asing yang masuk ke tanah air membuat masyarakat juga harus ikut berpartisipasi dengan gaya komunikasinya. Kita tidak lagi hanya menggunakan bahasa Indonesia saja, tapi juga bahasa Inggris, Mandarin, dan bahasa internasionalnya.

Berkomunikasi dengan bahasa pedagang asing tentu akan memudahkan kita bekerja sama dengan mereka, sehingga memberikan keuntungan untuk masing-masing pihak. Kalau terjalin dengan baik, maka secara otomatis kita juga membantu Indonesia menambah hubungan internasional dan menambahkan relasi dengan dunia internasional.

Meski keuntungan letak geografis Indonesia memberikan nilai positif, ada pula yang memberikan dampak negatifnya. Misalkan di zona lautnya tidak jarang terjadi pencurian ikan atau terjadinya pasar gelap di daerah tertentu. Bisa saja kita membantu negara dengan menyeleksi mana persaingan yang sehat dan tidak sehat agar negara tetap maju dengan kondisinya yang sudah baik.

Leave a Comment