Manfaat ASEAN bagi Indonesia di Bidang Ekonomi, Politik, & Sosbud

Indonesia merupakan salah satu pemrakarsa berdirinya ASEAN (Association of South East Asia Nations). ASEAN sudah berdiri sejak 8 Agustus 1967 sebagai organisasi geo politik dan ekonomi bagi negara-negara di Asia Tenggara. Sebagai salah satu pendiri dan anggotanya, tentu ada banyak manfaat ASEAN bagi Indonesia yang bisa disebutkan di berbagai bidang.

ASEAN didirikan atas Deklarasi Bangkok oleh perwakilan dari lima negara yaitu, Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Kemudian negara-negara lain mulai bergabung secara berangsur-angsur satu demi satu.

Tujuan didirikannya ASEAN adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial, mengembangkan kebudayaan negara anggota, memajukan dan menjaga perdamaian dan stabilitas pada tingkat regional, serta sebagai kesempatan untuk membahas berbagai perbedaan yang ada antara anggota dengan damai.

Berbagai Manfaat ASEAN bagi Indonesia

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ada banyak manfaat yang dirasakan Indonesia karena ASEAN. Manfaat-manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Bidang Ekonomi

Dengan adanya ASEAN dan juga zona perdagangan bebas yang diciptakannya, hal tersebut berimbas positif bagi Indonesia. Indonesia dapat menjalin hubungan perdagangan yaitu ekspor dan impor dengan anggota ASEAN lainnya.

Karena seperti yang kita tahu bahwa Indonesia tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, sehingga dengan adanya ASEAN mampu memenuhi berbagai kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi dalam negeri.

Kepala negara anggota asean
Kepala negara anggota asean

Indonesia juga mendapat kemudahan dalam memperoleh investasi atau modal dari negara ASEAN lain. Dana atau pinjaman yang diberikan tersebut mampu menjadi modal dan fasilitas bagi pembangunan negara yang bertujuan untuk pemerataan.

2. Bidang Politik

Di bidang politik, negara-negara anggota ASEAN lainnya mengakui sekaligus menghormati sistem politik dalam dan luar negeri yang diterapkan Indonesia. Selain itu, dalam ASEAN antar anggotanya saling menghormati kedaulatan masing-masing sehingga tidak ada intervensi politik atau masalah dalam negeri anggota lain termasuk Indonesia. Dengan demikian, hal tersebut dapat menekan dan meminimalisir ancaman yang datang ke Indonesia.

3. Bidang Sosial

Manfaat ASEAN bagi Indonesia di bidang sosial terlihat dari dukungan dan bantuan baik materi maupun moril atas berbagai kejadian dan bencana yang menimpa Indonesia. Sebagai contoh, saat terjadi tsunami Aceh dulu, anggota ASEAN lainnya turut memberikan bantuan. Hal ini semakin menegaskan bahwa dengan adanya ASEAN maka hubungan persahabatan antar negara kawasan Asia Tenggara bisa menjadi lebih erat.

4. Bidang Budaya

Di bidang budaya, ASEAN dapat menjadi tempat untuk saling bertukar informasi dan mengenal budaya dari negara lain termasuk Indonesia. Hal ini menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menampilkan berbagai kebudayaannya kepada negara lain. Apalagi, terkadang ada juga pementasan budaya atau pertunjukan yang menampilkan kebudayaan Indonesia di negara-negara Asia Tenggara.

ASEAN juga semakin membuka kesempatan bagi pelajar Indonesia yang ingin belajar ke luar negeri dengan adanya program pertukaran pelajar diantara anggota ASEAN. Selain perujaran pelajar, antar negara ASEAN juga bisa terjadi pertukaran tenaga ahli di berbagai bidang yang juga bisa bermanfaat bagi Indonesia.

ASEAN sudah berdiri sejak tahun 1967 dan saat ini sudah beranggotakan 10 negara kawasan Asia Tenggara. Tidak hanya manfaat ASEAN bagi Indonesia, tetapi Indonesia dan setiap anggota pun mempunyai perannya masing-masing dalam ASEAN.

Organisasi ini mendatangkan banyak manfaat dan nantinya setiap peran dari negara anggota, tentunya bertujuan untuk menjadikan dan mengembangkan ASEAN sebagai organisasi yang lebih baik dalam mencapai segala tujuan dan cita-citanya.

Leave a Comment