Cara Mengurus Surat Cerai Tanpa Sidang Mudah dan Cepat

Perceraian memang bukanlah hal yang diinginkan setiap pasangan ketika menjalani rumah tangga. Namun jika memang tidak bisa dipertahankan, perceraian bisa jadi merupakan solusi paling bijak. Ketika mengurus perceraian, Anda mungkin merasa malas atau enggan jika harus terlalu direpotkan dengan prosedur perceraian yang berbelit-belit melalui proses sidang.

Namun, Anda sebenarnya bisa melakukannya lebih cepat dengan cara mengurus surat cerai tanpa sidang. Lalu bagaimanakah caranya?

Tahapan dan Cara Mengurus Surat Cerai Tanpa Sidang

Sebenarnya cara mengurus surat cerai tanpa sidang bisa dilakukan dengan memberikan kuasa kepada pengacara untuk perceraian maupun pada orang lain yang sudah Anda percaya.

Dengan cara ini Anda akan dimudahkan serta tidak perlu repot datang ke pengadilan serta mengurus berkas-berkas yang tentunya tidak sedikit. Untuk melakukan cara ini, ada tahapan yang harus Anda lakukan seperti di bawah ini.

1. Siapkan Syarat yang Dibutuhkan

Sebelum melakukan cara mengurus surat cerai tanpa sidang, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan lebih dulu syarat-syarat dan berkas yang dibutuhkan.

Syarat-syarat itu antara lain adalah KTP dan buku nikah asli. Selain itu, jika sudah memiliki anak Anda juga harus menyiapkan Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran anak Anda yang asli. Syarat-syarat ini juga adalah syarat berupa berkas yang harus Anda penuhi meskipun Anda harus menjalani sidang untuk mendapatkan surat cerai.

2. Hubungi Pengacara Perceraian yang Terpercaya

Karena cara mengurus surat cerai tanpa sidang ini adalah dengan menguasakan atau memberikan kuasa kepada orang lain yang dipercaya, maka Anda harus mencari orang yang benar-benar terpercaya.

Salah satunya adalah pengacara perceraian. Dengan memberikan kuasa pada pengacara, maka proses perceraian Anda hingga mendapatkan surat ceraipun akan semakin mudah dan cepat. Jika misalnya Anda belum mendapatkan pengacara terpercaya, Anda bisa mulai mencari referensi pengacara perceraian.

Anda bisa mencari melalui internet atau bisa juga dari pengadilan langsung. Disini Anda bisa mendapat lebih banyak referensi pengacara perceraian.

3. Buat Janji dan Ceritakan Masalah Rumah Tangga Anda

Jika sudah mendapatkan pengacara yang bisa Anda percayai, pastikan Anda menghubunginya atau membuat janji ketemu. Ketika sudah bertemu, Anda bisa menceritakan masalah yang melatar belakangi sampai harus mengambil keputusan bercerai.

Serahkan juga semua berkas yang dibutuhkan seperti yang sudah disebutkan di atas. Apabila nantinya pengacara membutuhkan berkas lain untuk dipenuhi, maka Anda juga harus menyediakannya.

Tak hanya itu saja, Anda juga harus menandatangani berkas atau surat kuasa untuk menguasakan proses perceraian Anda pada pengacara tersebut.

cara mengurus surat cerai tanpa sidang
cara mengurus surat cerai tanpa sidang

4. Tunggu Hingga Proses Selesai

Jika sudah melaksanakan langkah-langkah yang disebutkan di atas, maka proses perceraian Anda akan secara penuh diurus oleh pengacara. Jadi, yang harus Anda lakukan hanyalah menunggu hingga proses sidang selesai dan putusan sudah diambil oleh hakim.

Jika sudah sah bercerai, maka surat-surat perceraian juga akan diurus oleh pengacara sekaligus.

Bercerai memang bukan cita-cita setiap pasangan ketika mulai membangun rumah tangga. Namun jika terjadi masalah yang merugikan salah satu pihak dan tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan, bisa jadi bercerai adalah solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

Proses perceraian pun tidak semudah kelihatannya. Ada banyak berkas yang harus diurus serta proses yang bisa jadi memakan waktu. Jika Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, ada cara mengurus surat cerai tanpa sidang yang akan lebih memudahkan Anda. Caranya adalah dengan memberikan kuasa pada pengacara.

Langkah yang harus Anda lakukan pun mudah seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Proses perceraian pun tidak semudah kelihatannya. Ada banyak berkas yang harus diurus serta proses yang bisa jadi memakan waktu. Jika Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, ada cara mengurus surat cerai tanpa sidang yang akan lebih memudahkan Anda.

Caranya adalah dengan memberikan kuasa pada pengacara. Langkah yang harus Anda lakukan pun mudah seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Secara kekeluargaan, bisa jadi bercerai adalah solusi terbaik bagi kedua belah pihak. Proses perceraian pun tidak semudah kelihatannya. Ada banyak berkas yang harus diurus serta proses yang bisa jadi memakan waktu.

Jika Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, ada cara mengurus surat cerai tanpa sidang yang akan lebih memudahkan Anda. Caranya adalah dengan memberikan kuasa pada pengacara. Langkah yang harus Anda lakukan pun mudah seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]