Inilah Pengertian Kegiatan Ekonomi yang Cukup Jelas

Pengertian kegiatan ekonomi – Untuk orang yang belajar dan mendalami ilmu ekonomi, pasti pernah atau sering mendengar yang namanya kegiatan ekonomi. Tetapi, tahukah Anda apa itu kegiatan ekonomi? Apa pengertian kegiatan ekonomi dan beserta definisi nya? Dan apa saja jenis-jenis yang termasuk dalam kegiatan ekonomi tersebut?

Sebagian orang yang belum pernah mendengar apa itu kegiatan ekonomi, atau bisa dibilang awam, pasti jika mendengar kegiatan ekonomi berpikiran bahwa kegiatan tersebut hanyalah sebatas tentang kegiatan-kegiatan yang berhubungan tentang ekonomi, atau ada juga yang mengerucut lagi yang berhubungan dengan uang saja.

Nah, untuk mengetahui lebih dalam apa itu pengertian kegiatan ekonomi, kali ini kami akan memberikan kepada Anda penjelasan tentang pengertian kegiatan ekonomi, beserta jenisnya. Agar nantinya Anda bisa mengetahui lebih dalam, dan menambah wawasan Anda tentang topik kita kali ini. Tidak perlu berpanjang lebar lagi, berikut adalah pengertian ekonomi dan jenisnya.

Pengertian Kegiatan Ekonomi dan Jenisnya

Pengertian dari kegiatan ekonomi atau definisi nya, yaitu adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan barang atau jasa tertentu sesuai dengan kebutuhan atau keinginannya. Kegiatan ekonomi, juga bisa dikatakan kegiatan untuk dapat mencapai titik dimana mensejahteraan hidupnya.

Selain pengertian diatas, kegiatan ekonomi juga bisa diartikan sebagai sebuah cara untuk mendapatkan, maupun mencapai tujuan yang diinginkan. Jadi, jika bisa disimpulkan bahwa kegiatan ekonomi, adalah kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan kemakmuran hidup yang diharapkan individu tersebut.

Nah, setelah kita sudah mengetahui apa itu pengertian dari kegiatan ekonomi, sekarang kita akan segera mengetahui apa itu jenis, atau macam-macam dari kegiatan ekonomi tersebut. Kegiatan ekonomi sendiri dikelompokkan menjadi tiga jenis, diantaranya seperti kegiatan produksi, kegiatan distribusi dan kegiatan konsumsi.

Jika Anda adalah satu dari mahasiswa ekonomi, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan hal tersebut. Dikarenakan Anda harus mampu dalam memahami dari kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi. Bahkan, ada juga yang harus bisa memahami dan melakukan kegiatan produksi.

Sebagai contoh, misalnya Anda adalah pedagang gorengan atau es krim. Maka, Aktivitas yang Anda lakukan tersebut itulah sebenarnya juga merupakan kegiatan konsumsi. Kegiatan yang dimaksud juga dilakukan Anda sehari-hari, seperti Anda sedang membeli pakaian atau juga bisa membeli jajanan. Dengan melakukan kegiatan tersebut, sebenarnya Anda sedang melakukan kegiatan ekonomi.

Pengertian Kegiatan Ekonomi
Pengertian Kegiatan Ekonomi

Kegiatan produksi, jika kita pikirkan secara sederhana, maka kegiatan ini dapat dipahami dalam dua jalur yang sederhana, diantarnya produksi dan distribusi. Dalam hal ini, kegiatan produksi adalah kegiatan yang bisa saja berupa produksi yang berskala besar, seperti produksi pabrik rokok dan pabrik garmen.

Selain produksi dalam skala besar, kegiatan produksi juga bisa dalam skala kecil, seperti produksi makanan di warung tegal atau semacamnya. Bahkan, ketika Anda sedang membuat makanan ringan untuk dijual, adalah sebuah kegiatan produksi. Kegiatan produksi tersebut, adalah kegiatan yang bisa dilakukan dirumah.

Jadi, kegiatan produksi sebenarnya bukan hanya terjadi pada pabrik besar saja, tetapi juga bisa terjadi di rumah atau warung-warung kecil sederhana. Setelah Anda memahami kegiatan produksi, berarti Anda juga harus mempelajari apa itu kegiatan distribusi.

Kegiatan distribusi sendiri, adalah kegiatan dimana Anda mengirimkan atau mengantarkan produk Anda ke konsumen. Contohnya seperti Anda bisa mengirimkan barang dagangan Anda ke warung-warung, sementara pabrik skala besar mengirimkan produk nya ke toko-toko yang memesan produknya.

Nah, bagaimana? Apa Anda sudah mengerti penjelasan diatas? Kegiatan ekonomi memang sudah kita lakukan sejak dulu, hanya saja kita belum mengetahui nya sampai sekarang. Maka dari itu kami memberikan informasi ini, agar Anda bisa lebih paham dan menambah wawasan Anda.

Demikian artikel tentang pengertian kegiatan ekonomi untuk Anda. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda, dan memberikan manfaat untuk Anda semua para pembaca. Sekian dan terima kasih telah membaca!

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]