Perbedaan Macbook Pro & Air Lebih yang Paling Mendasar

Apple menjadi salah satu perusahaan teknologi yang terbesar di dunia. Sudah ada banyak sekali produk yang dikeluarkan oleh Apple dan semuanya selalu laris manis di pasaran. Meski harga produk dari Apple sendiri sangat tinggi, tapi respon pasaran tetap saja bagus. Produk yang terlaris misalnya Macbook Pro dan Macbook Air.

Jika Anda berencana membeli salah satunya, maka ada baiknya jika Anda tahu perbedaan Macbook Pro dan Air lebih dulu sebelum memilih.

Ketahui Perbedaan Macbook Pro dan Air Sebelum Membeli

Sebelum Anda membeli Macbook Pro atau Macbook Air, pastinya Anda juga bingung terkait mana yang lebih bagus dan mana yang tepat Anda pilih. Hal ini lantaran kedua produk ini sangat mirip sehingga tak heran jika banyak yang bingung ketika memilihnya.

Pada dasarnya, kedua produk ini memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Meski demikian, poin terpenting adalah kebutuhan Anda sendiri. Berikut ini perbedaan Macbook Pro dan Air yang perlu diketahui:

A. Macbook Pro

Berat dari Macbook Pro yakni 710 gram. Perbedaan Macbook Pro dan Air sendiri bisa terlihat dari segi spesifikasinya. Spesifikasi untuk Macbook Pro lebih ditujukan kepada pengguna kelas profesional pada bidang desain serta video.

Itu yang menjadi alasan mengapa seri Macbook Pro dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan Macbook Air. Macbook Pro didukung dengan adanya Quad Core Intel i7 serta kartu grafis AMD. Dengan demikian maka tak heran jika pekerjaan yang berhubungan dengan video dan foto edit menjadi lebih terdukung.

Kapasitas RAM yang ada di Macbook Pro ini bahkan dapat di-upgrade sampai 16 GB sehingga bisa menjadikan pekerjaan lebih cepat terselesaikan. Di sisi hardisk, Macbook Pro memiliki 500 GB dan 750 GB penyimpanan. Ada dua layar Macbook Pro yakni 15 inch dan 17 inch yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Jika Anda butuh dukungan untuk SuperDrive, port Ethernet serta port Firewire maka Macbook Pro ini bisa jadi pilihan tepat.

B. Macbook Air

perbedaan macbook pro dan air
perbedaan macbook pro dan air

Perbedaan Macbook Pro dan Air yang sangat jelas adalah dari segi beratnya. Untuk berat dari Macbook Air yakni 2,4 pon. Tak heran jika Macbook Air cenderung ringkas serta ringan ketika dibawa.

Meski demikian, kapasitas penyimpanan dari Macbook Air ini lebih terbatas karena hanya 128 GB dan juga 256 GB saja. Kapasitas ini masih bisa di-update jika Anda membutuhkan lebih besar. Tapi pertimbangannya adalah harga SSD yang sampai saat ini masih sangat mahal.

Kapasitas RAM yang ada di Macbook Air cukup besar yakni 4 GB dimana bisa mumpuni dan halus ketika Anda menjalankan program cukup besar dan berat sekalipun.

Kelemahan dari Macbook Air yang kentara yakni ketiadaan dari SuperDrive sehingga kerap jadi kendala pengguna yang suka menonton film melalui DVD. Jika memang Anda membutuhkan pembacaan pada DVD, maka membeli SuperDrive eksternal bisa jadi pilihan.

Port Ethernet juga tidak ada di Macbook Air sehingga Anda bisa mengandalkan WiFi tanpa adanya dukungan dari LAN dengan kabel.

Itulah perbedaan Macbook Pro dan Air yang perlu Anda tahu sebelum memutuskan membeli. Tidak ada patokan yang khusus untuk pemilihan salah satunya. Yang terpenting adalah pemilihan sesuai kebutuhan pekerjaan dan aktivitas harian Anda. Diantara Macbook Pro dan Macbook Air, mana yang Anda pilih?

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]