Inilah 6 Perbedaan TV LCD & LED Yang Banyak Orang Lewatkan

Dalam beberapa tahun terakhir teknologi yang dipakai pada televisi mengalami perkembangan sangat pesat. Semenjak munculnya tv LCD yang memiliki kualitas gambar lebih baik dibanding tv tabung, lahirlah teknologi LED. Memang tv LED memiliki teknologi yang lebih baik dibanding LCD.

Dibawah ini adalah ulasan mengenai perbedaan tv LCD dan LED.

6 Perbedaan tv LCD dan LED

A. Layar

Jika dilihat sekilas tv LED dan LCD memiliki ketebalan layar yang hampir sama sehingga orang awam mungkin tidak bisa membedakannya. Sama-sama mengadopsi lapisan layar yang tipis sebenarnya terdapat perbedaan antara keduanya. Tv LED mempunyai ketebalan layar yang lebih tipis dibanding tv LCD karena bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Hal ini dikarenakan LCD memerlukan ruang yang lebuh besar untuk menampung material cair yang digunakan untuk membuatnya.

B. Back Lighting Technology

Meskipun sama-sama menggunakan teknik back light yang berasal dari belakang layar, perbedaan tv LCD dan LED terletak pada material yang digunakan. Tv LCD menggunakan bahan Cold Cathode Flourescent Lamp (CCFL).

Teknologi inilah yang dipakai tv LCD untuk menyeleksi pancaran warna dari backlight. Kemudian ada LCD shutter yang berfungsi untuk melewati intensitas tertentu dari warna putih. Sedangkan tv LED memakai teknologi Light Emiting Diode (LED) yang dapat menghasilkan kontras lebih kuat melalui sistem dimming backlighting. Jadi ketajaman gambar yang dihasilkan sangat bagus dan lebih berwarna dari tv LCD.

C. Kontras

Tingkatan kontras yang dihasilkan juga menjadi perbedaan tv LCD dan LED. Tv LED memakai teknologi Light Emiting Diode (LED) yang mampu memberikan wana gelap untuk cahaya belakangnya.

Hal ini membuat tv LED dapat menampilkan warna yang lebih kaya dan jernih berkat pemilihan warna secara kompleks. Selain itu teknologi LED dapat menahan sebagian cahaya yang datang dari backlight. Sedangkan tv LCD memakai teknologi Cold Cathode Flourescent Lamp (CCFL) dan tidak mampu menghalangi seluruh cahaya yang berasal dari backlight.

Hal inilah yang menyebabkan tampilan warna dari LCD tidak sebagus LED.

D. Konsumsi Listrik

Untuk konsumsi listrik kedua jenis tv sama-sama tidak membutuhkan daya yang besar. Namun teknologi yang digunakan pada tv LED dapat menghemat konsumsi listrik sebesar 20 – 30% lebih baik ketimbang LCD.

Penggunaan teknologi Light Emiting Diode memang hanya memerlukan konsumsi listrik yang sedikit.

E. Daya Tahan Barang

Daya tahan barang juga menjadi perbedaan tv LCD dan LED. Konsumsi listrik yang lebih hemat memang mempengaruhi daya tahan sebuah televisi. Hal ini dikarenakan semakin sedikit listrik yang dipakai, suhu dingin dalam tv LED dapat bertahan lebih lama.

Kelemahannya, tv LED yang mengalami kerusakan akan sulit untuk diperbaiki. Disamping itu harga sparepartnya juga cukup mahal.

F. Harga

perbedaan tv LCD dan LED
perbedaan tv LCD dan LED

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan terlihat sangat jelas bahwa tv LED dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Memang perbedaan harga dengan tv LCD tidak terlalu besar hanya sekitar 5 – 10%.

Meskipun harganya dibanderol lebih mahal namun kepuasan menonton dari tv LED akan terbayarkan. Ditambah lagi dengan harga jual kembalinya yang juga tinggi.

Itu tadi ulasan mengenai perbedaan tv LCD dan LED yang bisa Anda jadikan referensi untuk membeli jenis tv yang diinginkan. Meskipun tv LED memiliki lebih banyak keunggulan bukan berarti kualitas LCD tidak bagus.

Tentu kembali ke minat masing-masing mengenai tv jenis apa yang lebih disukai.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]