Ciri-Ciri Uang Palsu Yang Harus Diperhatikan Dengan Baik

Uang, dalam bentuk kertas ataupun koin, kini telah menjadi alat pembayaran yang sah dan bisa digunakan untuk beragam jenis transaksi di mana saja. Hanya saja, keinginan untuk mendapatkan keuntungan terkadang membuat seseorang khilaf dan membuat uang palsu. Oleh karena itu, memahami ciri-ciri uang palsu adalah hal yang penting.

Ya, tidak di pungkiri memang bahwa uang palsu beredar di masyarakat. Umumnya, uang yang dipalsukan adalah uang dengan nominal yang cukup tinggi. Sudah cukup banyak kasus terungkap dan ditangani oleh pihak berwajib. Hanya saja, seolah, sindikat pemalsuan uang ini tidak jera dan terus saja berbuat hal laknat tersebut.

Oleh karena itu, guna menangani hal demikian, kesadaran masyarakat harus ditingkatkan. Masyarakat harus mengetahui bagaimana ciri dari uang palsu tersebut. Dengan demikian, ketika mereka mendapatkan uang yang diperkirakan palsu, maka mereka bisa langsung menanganinya sendiri dan terhindar dari penipuan.

Tips Membedakan Uang Asli dan Palsu

Memang, beberapa awam belum mengetahui bagaimana ciri-ciri detail uang palsu tersebut. Kondisi ini tentu akan menyuburkan praktik penyebaran uang palsu di kalangan masyarakat tertentu. Nah, dalam hal ini akan dibahas mengenai beberapa tips untuk mengetahui jika uang tersebut palsu.

Dengan tips tersebut, Anda bisa mengetahui apakah uang tersebut asli atau tidak. Lantas, bagaimana tips untuk membedakannya tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

1.     Melihat Tampilan

Salah satu hal yang paling dasar dan mudah untuk membedakan uang tersebut asli atau palsu adalah dengan melihat tampilan dari uang tersebut. Nah, dalam hal ini, tampilan dari uang palsu cenderung lebih pucat dan juga kusam dibandingkan dengan uang yang asli. Hal ini dikarenakan kualitas tinta yang digunakan buruk.

Tidak hanya itu, warna dari uang palsu biasanya akan luntur jika terkena air dan digosok perlahan. Jika Anda melihat uang dan mencurigainya sebagai uang palsu, maka Anda bisa melakukan tindakan tersebut.

Masih dengan tampilan, uang palsu cenderung memiliki benang pengaman yang biasa saja. Jika uang asli memiliki benang pengaman yang recto verso dan bisa berubah warna saat dilihat dari sudut pandang yang berbeda, hal yang berbeda terjadi pada uang palsu. Uang palsu tidak memiliki perbedaan warna.

2.     Meraba Tekstur

Hal lain yang bisa dilakukan untuk membedakan uang yang asli dan yang palsu adalah dengan meraba tekstur uang tersebut. Dalam hal ini, salah satu ciri-ciri dasar uang palsu adalah teksturnya yang halus. Padahal, uang asli memiliki tekstur yang cenderung kasar karena adanya gambar yang timbul.

Salah satu bagian uang asli yang timbul adalah pada lambang negara. Nah, Anda bisa meraba pada bagian tersebut pertama kali guna membedakan mana uang yang asli dan yang palsu. Selain itu, uang palsu memiliki kertas yang lebih tipis dan mudah lecek.

3.     Gambar dan tulisan

Hal lanjutan yang bisa digunakan untuk membedakan uang asli dan palsu adalah gambar dan tulisan. Nah, dalam hal ini, Anda bisa menerawang uang tersebut untuk mengetahuinya.

ciri-ciri uang palsu
ciri-ciri uang palsu

Ciri uang palsu adalah tidak ada tanda air, atau kalaupun ada sangat sederhana. Hal ini berbeda dengan tanda air uang asli yang bisa bertumpuk jika dilihat dengan sudut pandang yang berbeda. Oleh karena itu, jika Anda mengetahui uang yang palsu, maka terawang saja pada bagian tanda air.

Nah, demikian beberapa ciri-ciri uang palsu dan bagaimana cara guna membedakannya. Dengan beberapa poin di atas, tentu Anda bisa terlepas dari penipuan transaksi yang menggunakan uang palsu sebagai alat pembayaran.

Deskripsi: ciri-ciri uang palsu sebenarnya cukup mudah diketahui. Pelajari lebih lanjut mengenai ciri tersebut agar Anda terbebas dari penipuan.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]