Perbedaan Uang Asli Dan Palsu Dari Beberapa Elemen Yang Harus Diketahui

Meskipun sudah berlangsung sekian lama, namun kasus uang palsu masih saja menghiasi kolom berita di berbagai media. Hal ini sebenarnya merupakan sebuah keprihatinan di mana masyarakat masih melakukan segala cara untuk mendapatkan keuntungan. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai perbedaan uang asli dan palsu.

Membahas perbedaan uang palsu dan asli menjadi penting agar Anda bisa terbebas dari transaksi tipu-tipu menggunakan uang yang tak laku. Sebagaimana diketahui bersama, kini uang menjadi alat pembayaran yang sah. Namun, nafsu dunia sering membutakan orang sehingga rela menipu hanya untuk mendapatkan harta tertentu.

Berkaitan dengan uang palsu, sebenarnya Bank Indonesia sebagai otoritas tertinggi telah mengeluarkan petunjuk tentang bagaimana cara mencari perbedaan uang asli dan palsu. Hanya saja, beberapa awam cenderung cuek dan tidak memahami sehingga kasus ini terus saja berulang.

Membedakan Uang Asli dan Uang Palsu

Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membedakan mana uang asli dan uang yang palsu. Adapun beberapa cara yang bisa digunakan tersebut adalah sebagai berikut:

1.     Membedakan warna uang

Salah satu cara yang paling mudah untuk membedakan uang asli dan palsu adalah dengan melihat warna dari yang tersebut. Ya, dari warna uang sudah bisa ditebak mana uang yang asli dan yang palsu.

Dalam hal ini, uang yang asli cenderung memiliki warna yang cerah dan tidak luntur. Selain itu, terdapat hologram, benang pengaman dan juga tanda air. Hal lain yang menjadi ciri dari uang asli adalah tekstur uang yang lebih kasar.

Nah, jika uang palsu, warna dari uang tersebut cenderung pucat dan mudah luntur. Tidak ada hologram, tanda air ataupun benang pengaman pada uang tersebut. Selain itu, tekstur kertas uang palsu cenderung kasar karena tinta dan mudah lecek.

2,     Membedakan benang pengaman

Benang pengaman adalah salah satu fitur uang asli yang penting. Jika kita melihat uang asli, maka akan tampak benang pengaman di situ dan bisa dicungkil dengan menggunakan kuku.

Hal berbeda didapati pada uang palsu. Seringkali, uang palsu tersebut tidak memiliki benang pengaman. Namun, meskipun terkadang ada, benang pengaman tersebut seolah hanya tempelan semata.

3.     Perbedaan hologram

Hologram menjadi salah satu hal yang penting untuk membedakan uang yang asli dan yang palsu. Dalam hal ini, hologram pada uang asli berada di kedua sisi uang. Warna hologram juga bisa berbeda jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

Sementara uang palsu, tidak memiliki hologram. Kalaupun ada, hologram pada uang palsu hanya tampak sangat sederhana dan tidak eksklusif sehingga cukup mudah untuk dibedakan.

4.     Perbedaan tekstur

Untuk membedakan uang asli dan palsu, Anda juga bisa menilai tekstur dari uang tersebut. Ya, tekstur adalah salah satu cara lain yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah uang tersebut asli atau tidak.

Perbedaan Uang Asli Dan Palsu
Perbedaan Uang Asli Dan Palsu

Dalam hal ini, uang asli cenderung memiliki tekstur kertas yang lebih kasar karena dibuat dengan kertas yang eksklusif. Ketebalan kertas dari uang asli pun lebih terasa di tangan.

Hal berbeda ditemukan pada uang palsu. Dalam hal ini, uang palsu cenderung memiliki tekstur uang yang lebih halus. Selain itu, bahan yang digunakan tampak lebih tipis sehingga uang mudah lecek.

Nah, demikian beberapa cara melihat perbedaan uang asli dan palsu yang bisa dilakukan. Dari penjelasan di atas bisa dilihat jika ada cukup banyak perbedaan uang asli dan palsu yang bisa menjadi dasar agar Anda tidak tertipu.

Deskripsi: perbedaan uang asli dan palsu bisa diperoleh dengan mengaplikasikan beberapa cara agar Anda terhindar dari transaksi penipuan.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]