4 Jenis Pekerjaan di Dataran Tinggi yang Prospek di Masa Depan

Pekerjaan masih menjadi sumber masalah di negeri ini, bahkan banyak orang tua melihat calon menantu dari penghasilan yang besar untuk menjamin hidup putri mereka. Pekerjaan di dataran tinggi ternyata tidak hanya menanam sayur saja, tetapi ada beberapa bidang yang bisa anda tekuni untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Pekerjaan di Dataran Tinggi yang Selalu Dibutuhkan

Berikut adalah jenis pekerjaan di dataran tinggi yang banyak dibutuhkan masyarakat:

  1. Pekerjaan di Bidang Pertanian
  2. Pekerjaan di Bidang Perternakan dan Perkebunan
  3. Pekerjaan di Properti dan Real Estate Penginapan
  4. Pekerjaan Sebagai Pemandu Wisata

Untuk lebih jelasnya dari pekerjaan tersebut mari kita bahas satu per satu di bawah ini:

1. Bidang Pertanian

Pertanian menjadi kunci utama untuk sukses di daerah dataran tinggi. Hilangkan pemikiran jika bekerja di bidang pertanian hanya sebatas menanam dan mengolah lahan saja. Anda yang mempunyai lahan luas bisa terus mengembangkan cara bercocok tanam yang efektif untuk sayur-sayuran, bunga, dan buah-buahan.

Jika cara penanaman dan pemberantasan hama lebih baik, maka panen dan mendapatkan untung besar bukanlah sesuatu yang mustahil. Pada intinya berani untuk mencoba hal-hal baru meskipun awalnya harus mengalami kegagalan terlebih dahulu.

Selain itu, apabila anda lulusan jurusan pertanian, jadilah seorang ahli dengan berbagai penemuan terbaru. Sayangnya, masih banyak sarjana pertanian yang belum sepenuhnya percaya bisa sukses di bidangnya sendiri sehingga memilih untuk bekerja di kantor.

2. Peternakan dan Perkebunan

Memilih menginvestasikan dana untuk membangun sebuah perkebunan atau peternakan adalah pilihan cerdas. Semakin banyaknya lahan yang diubah menjadi gedung, populasi manusia yang semakin banyak membuat harga tanah semakin mahal. Luas perkebunan yang semula dibeli dengan harga murah bisa dijual dengan nilai tinggi di masa depan.

Masa depan cerah tidak mengharuskan anda menjual lahan perkebunan. Seorang pemilik peternakan ataupun perkebunan bisa menghasilkan produk yang banyak dibutuhkan pasar. Misalkan saja teh, cengkeh, ataupun kopi. Iklim di dataran tinggi sangat mendukung kesuburan tanaman-tanaman tersebut.

Pekerjaa perkebunan teh di dataran tinggi
Pekerjaa perkebunan teh di dataran tinggi

Namun, ketika anda sudah memilih pekerjaan di dataran tinggi di bidang perkebunan & peternakan, maka tidak serta merta langsung menghasilkan pundi-pundi rupiah seperti halnya gaji bulanan. Butuh kesabaran dan ketekunan untuk merancang panen yang menguntungkan dengan kondisi alam yang berubah-ubah dan serangan hama.

Sementara peternakan yang menjanjikan bisa dengan mengembangbiakan sapi, kambing, kerbau, ataupun hewan lainnya. Kebanyakan memilih sapi karena susunya banyak dikonsumsi masyarakat. Selain itu, anda bisa menjual sapi ataupun daging potong.

3. Property penginapan

Investasikan dana ataupun lahan luas di area pegunungan dengan membangun penginapan, villa, ataupun tempat rekreasi. Biasanya banyak wisatawan yang datang untuk melihat keindahan alam yang masih terjaga dengan udara segar di musim liburan.

Beberapa acara kantor ataupun reuni sering kali memilih dataran tinggi sebagai tempat berkegiatan bersama seperti outbond, kemah, ataupun aktivitas lain. Anda bisa mulai menyewakan villa, membuat tempat kemah dan pengaturannya, membangun tempat outbond menarik, dan lain-lain.

4. Pemandu wisata

Kesuksesan tidak hanya milik mereka yang bekerja di kota-kota besar saja, anda bisa mulai mengeksplor keindahan tempat wisata alam pegunungan di daerah tempat tinggal. Kemudian, menawarkan jasa pemandu wisata dengan menyediakan fasilitas kendaraan, tempat penginapan, ataupun makan.

Salah satu contoh pekerjaan di dataran tinggi yang sudah sukses dalam bidang wisata yaitu trip  ke Gunung Bromo. Dalam postingan sosial media terutama instagram, anda pasti banyak melihat penawaran trip sehari semalam, ataupun dua hari tiga malam. Seiring meningkatnya kepopuleran Gunung Bromo, pendapatan pemandu wisata juga cukup menjanjikan.

Keempat pekerjaan di dataran tinggi tersebut bisa menjadi gambaran jelas jika tidak semua kesuksesan bersumber dari kota. Semua usaha butuh kerja keras dan ketekunan yang tinggi.

Leave a Comment