4 Rahasia Melamar Pekerjaan Perusahaan Asing di Indonesia

Perusahaan asing sangat diminati oleh anak-anak muda kekinian. Bekerja di sana memang memberikan manfaat yang lebih baik ketimbang perusahaan lokal. Tidak heran sekarang sudah mulai banyak anak muda yang baru lulus berlomba-lomba melamar pekerjaan perusahaan asing di Indonesia.

Manfaat-manfaat yang akan kamu dapatkan kalau bisa berhasil masuk perusahaan asing adalah gaji yang besar, karirmu semakin terjamin kalau kerjamu bagus, dan kesempatan mendapatkan karir yang lebih tinggi semakin menjanjikan. Hal itulah kenapa kamu tidak boleh melewatkan peluang bekerja di perusahaan asing.

Tips Melamar Pekerjaan di Perusahaan Asing Indonesia

Ada banyak perusahaan asing di Indonesia yang sering membuka lowongan pekerjaan. Tapi, kamu harus tahu dulu bagaimana cara suksesnya agar kamu bisa diterima di sana.

1. Kuasai bahasa asing

manajemen sdm internasional

Salah satu faktor yang pasti dicari oleh para rekruiter perusahaan asing adalah kemampuan berbahasa asing. Meski mereka membuka bisnisnya di Indonesia, bahasa yang digunakan tidak terlepas dari penggunaan bahasa internasional atau bahasa asing yang biasanya mereka pakai, seperti bahasa Inggris. Bahasa asing sering dipakai kalau sedang berkomunikasi dengan pihak-pihak tertentu, apalagi posisi yang mau kamu lamar sangat berhubungan dengan pihak asing.

Maka itu, kamu harus kuasai dulu kemampuanmu dalam berbahasa asing. Minimal bahasa Inggris sudah harus kamu kuasai buat masuk ke perusahaan asing. Ikut saja kursus bahasa asing agar kemampuannya semakin meningkat, apalagi dari mengikuti kursus, kamu bisa sekaligus mendapatkan sertifikat bahasanya sehingga bisa menjadi nilai tambah buat pertimbangan rekruiter.

2. Tentukan perusahaan mana yang mau dituju dan pahami latar belakangnya

Setelah kamu yakin dengan kemampuan bahasa asingmu, selanjutnya kamu harus menentukan dengan pasti perusahaan asing di Indonesia mana yang mau kamu tuju. Ada banyak pilihan perusahaan yang bisa kamu pilih, tapi pertimbangkan dengan baik perusahaan mana saja yang mau dilamar.

Kamu bisa mencarinya di mesin pencari perusahaan asing mana yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Bisa juga kamu memanfaatkan media aplikasi pencari kerja yang pastinya ada informasi lowongan kerja di perusahaan asing.

Setelah menentukannya, kamu pahami latar belakang perusahaannya, mulai dari bidang apa yang mereka fokuskan, dari negara mana mereka, apa saja visi misinya, dan bagaimana budaya tempat kerja mereka. Jadinya, saat lamaranmu diterima dan diwawancarai, kamu tidak kebingungan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar perusahaannya.

Indonesia punya perusahaan asing yang menjadi kesempatan buat meniti karirmu

3. Yakinkan mereka kalau kamu layak diterima

Perlu kamu tahu, perusahaan asing pasti memberikan standar yang tinggi dalam kriteria mencari karyawannya. Jadi, kamu harus mempersiapkannya dengan baik agar kamu bisa sesuai dengan apa yang mereka cari. Sebisa mungkin kamu harus meyakinkan mereka kalau kamu layak diterima.

Berikan bukti-bukti yang sudah pernah kamu kerjakan selama ini agar bisa menjadi bahan pertimbangan mereka. Masukan poin-poin yang sudah pernah kamu capai selama ini ke dalam CV kamu, entah saat masih kuliah atau di tempat kerja dulu. Saat diwawancarai, kamu juga harus menjelaskan ke mereka lagi dengan kalimat yang tidak terlalu melebih-lebihkan.

4. Beradaptasi dengan baik

Begitu kamu sudah diterima bekerja di perusahaan asing, berikutnya kamu harus beradaptasi dengan baik. Kamu harus mengenal dulu bagaimana budaya kerja mereka karena sudah jelas perusahaan asing di Indonesia punya budaya kerja yang berbeda dengan kantor lokal.

Mulai dari jam kerjanya, bagaimana cara berpakaian karyawannya, cara komunikasinya, sampai kebiasaan apa yang dilakukan karyawannya saat bekerja. Kamu harus bisa beradaptasi dengan baik agar kamu juga nyaman bekerja di tempat mereka.

Bekerja di perusahaan asing memang menjadi target utama anak-anak muda yang baru saja lulus kuliah. Tapi, tetap perhatikan poin-poin di atas agar kamu bisa sukses di terima kerja di perusahaan asing. Tidak usah terburu-buru melamarnya. Persiapkan dengan baik dulu kemampuan bahasa kamu dan lainnya agar kamu bisa menjadi karyawan yang sukses.

Leave a Comment