Inilah 5+ Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan yang Menguntungkan

Ekonomi pembangunan adalah salah satu jurusan di perguruan tinggi. Meski banyak yang telah mengambil jurusan ini namun tak sedikit dari mereka yang masih bingung dengan prospek kerjanya. Bagi Anda yang sudah atau akan mengambil jurusan yang satu ini, inilah prospek kerja ekonomi pembangunan yang bisa Anda pahami.

Beberapa di antara prospek kuliah ekonomi pembangunan adalah sebagai berikut:

  1. Ahli Ekonomi
  2. Pengajar (Dosen / Guru)
  3. Peneliti
  4. Analis (Keuangan, Bisnis, Anggaran, Kebijakan)
  5. Aktuaria
  6. Akuntan (Perlu skill tambahan)

Adapun untuk tempat kerjanya mari kita bahas di bawah ini. (Selain itu kami bahas juga mata kuliah yang biasa ada di ekonomi pembangunan – di bagian bawah artikel)

Top Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan

Asal tahu saja ekonomi pembangunan adalah salah satu jurusan dengan banyak peminat. Apalagi bagi Anda yang tertarik membahas perekonomian suatu negara atau daerah dan segala kebijakannya. Lulusan jurusan ini biasanya banyak terjun di lembaga pemerintah atau instansi pemerintahan. Selain itu juga seperti lembaga penelitian, organisasi publik, BUMN, perbankan, hingga sektor swasta.

A. Bekerja di Lembaga Pendidikan

Siapa yang bilang prospek kerja ekonomi pembangunan terbatas? Buktinya masih banyak lini pekerjaan yang bisa dicoba oleh jurusan ini, tak terkecuali di lembaga pendidikan. Mahasiswa yang menempuh jurusan ekonomi pembangunan bisa mendaftar di sejumlah bagian lembaga pendidikan.

Anda bisa melamar pekerjaan di universitas baik sebagai pengajar ataupun seorang yang ahli di bidang tersebut seperti misalnya asisten peneliti.

B. Bekerja di Instansi Pemerintah

Dari segi pemerintahan juga bisa menjadi prospek kerja ekonomi pembangunan selanjutnya. Seorang sarjana ekonomi pembangunan tentunya mempunyai keahlian dan kapasitas untuk membuat rumusan persoalan perbankan, pembangunan industri, bisnis, ataupun keuangan.

Dari sanalah Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut. Anda dapat mencoba melamar pekerjaan di Bank Indonesia, Perpajakan, Bappenas, ataupun BPK.

C. Menjadi Seorang Analis Bisnis

Seorang lulusan ekonomi pembangunan bisa juga bekerja sebagai seorang analis bisnis. Analis bisnis adalah seseorang yang memiliki tugas untuk melakukan analisis kebutuhan serta permasalahan di bidang bisnis.

Seorang analis bisnis juga harus bisa memberikan usulan solusi praktis untuk memecahkan masalah yang ada. Anda nantinya dituntut untuk bisa mendukung berkembangnya materi pelatihan, membantu berkembangnya rencana dan manajemen proyek.

D. Bekerja di Perusahaan Internasional

Prospek kerja ekonomi pembangunan lainnya yaitu Anda bisa melamar pekerjaan di perusahaan internasional. Perusahaan luar yang bergerak di segi perbankan, ekonomi, atau perusahaan umum membutuhkan sarjana lulusan pembangunan ekonomi.

Lulusan jurusan ini biasanya diperlukan untuk membantu menganalisa perkembangan perbankan, industri, bisnis, serta keuangan secara rutin. Lalu jika di perusahaan umum, Anda juga dibutuhkan di bagian penganalisis data.

C. Research & Development (Peneliti)

Masih berkaitan dengan poin ke empat, Research & Development atau R&D adalah bagian yang bertanggungjawab dalam pengelolaan dana untuk pengembangan dan riset perusahaan.

Research & Development biasanya melakukan sejumlah tes serta membuat sendiri alat tesnya. Bagian ini juga berperan dalam pengembangan teknologi baru yang berguna untuk peningkatan kualitas produk perusahaan tersebut.

prospek kerja ekonomi pembangunan
prospek kerja ekonomi pembangunan

R&D juga biasanya bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki hubungan di pengadaan barang dan jasa dalam rangka untuk mengembangkan perusahaan terkait. Anda akan dituntut untuk melakukan analisa isu-isu yang berkembang di segi perekonomian.

Dengan analisa tersebut nantinya akan timbul solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. solusi yang dilahirkan juga sebaiknya kreatif, detail, dan inovatif.

E. Bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Seorang lulusan ekonomi pembangunan juga dapat bekerja di lembaga swadaya masyarakat atau LSM. Setiap LSM biasanya memerlukan sejumlah analisis pembangunan di industri ekonomi, perbankan, dan sebagainya.

Dengan begitu maka SDM atau sumber daya manusia dapat bekerja di beberapa organisasi umum, perbankan, swasta, BUMN, atau sektor keuangan lain. Anda nantinya akan mempunyai kemampuan dalam meneruskan pendidikan di Ilmu Ekonomi maupun jenjang yang lebih tinggi lain.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Ekonomi Pembangunan

Mata kuliah ekonomi pembangunan cukup banyak dan variatif, sehingga bisa memuaskan kehausan intelektual Anda. Tiap universitas biasanya berbeda-beda, tetapi secara umum matkul ekonomi pembangunan adalah sebagai berikut:

  1. Pengantar Bisnis dan Manajemen
  2. Ekonomi Pembangunan
  3. Sistem Moneter
  4. Manajemen Perbankan
  5. Etika dalam Ekonomi
  6. Pengantar Akuntansi
  7. Teori Ekonomi Mikro
  8. Ekonomi Internasional
  9. Ekonomi Koperasi dan Kewirausahaan
  10. Ekonomi SDA dan Lingkungan
  11. Ekonomi Keuangan
  12. Ekonomi Transportasi
  13. Ekonomi Perencanaan
  14. Ekonomi Kelautan
  15. Matematika Ekonomi
  16. Ekonometrik
  17. (Isu) Perekonomian Indonesia
  18. Valuasi Korporat
  19. Manajemen Risiko
  20. Sejarah Pemikiran Ekonomi
  21. Ekonomi Pertanian
  22. Ekonomi Publik
  23. Ekonomi Regional
  24. Ekonomi Kependudukan
  25. Evaluasi Proyek Pembangunan
  26. Kebanksentralan

Selain itu beberapa Universtas Terbaik tempat belajar ekonomi pembangunan adalah sebagai berikut

  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Indonesia
  • UIN Syarif Hidayatullah
  • Universitas IPD
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Padjajaran

Itulah tadi ulasan mengenai top prospek kerja ekonomi pembangunan. Meskipun jurusan ini terbilang baru dan tidak sepopuler jurusan ekonomi atau akuntansi tapi ternyata prospek kerjanya cukup menjanjikan.

Asalkan Anda tekun dan giat dalam belajar nantinya usaha tak akan pernah mengkhianati hasil. Semoga informasi ini bisa membantu Anda.

Leave a Comment