Ini 5 Syarat Masuk Jurusan Hubungan Internasional yang Mendasar

Ada banyak jurusan perkuliahan yang semakin menarik, mulai dari IT, bahasa, hingga desain dan seni. Salah satu yang menjadi perhatian banyak kaum muda sekarang adalah jurusan HI, yaitu Hubungan Internasional.

Jurusan ini sendiri awalnya tidak begitu diminati, karena mungkin banyak yang tidak tahu. Namun sekarang, hampir semua kampus berbondong-bondong memromosikan jurusan HI. Oleh sebab itu, apabila kamu tertarik mempelajari HI, ada baiknya tahu syarat masuk jurusan Hubungan Internasional.

Skill Penting untuk Masuk HI

Setiap universitas memiliki syarat sendiri-sendiri untuk dapat meloloskan peserta ujian. Syarat dokumen jelas harus lengkap. Namun, yang terpenting adalah skill masing-masing individu. Supaya tidak kagok ketika berkuliah nanti, dan semakin ahli ketika sudah lulus. Skill tersebut meliputi;

(1) Penguasaan Berbagai Bahasa Asing

Menjadi mahasiswa HI setidaknya kamu menguasai bahasa Inggris dengan lancar. Selain itu, nilai plus jika kamu juga menguasai bahasa negara lainnya, seperti Jepang, Rusia, Perancis, Jerman, Arab, China, dan berbagai bahasa di seluruh dunia. Bukan berarti kamu wajib menguasai seluruhnya, tetapi hal itu akan menjadi sangat penting ketika kamu terjun di dunia kerja. Terlebih jika kamu nantinya akan menjadi duta besar maupun diplomat.

Selain itu, untuk mengasah kemampuan analisis dan pengetahuan umum, membaca berita dalam bahasa asing juga harus dibiasakan. Untuk itulah penguasaan berbagai bahasa sangat diperlukan.

(2) Pemikiran yang Kritis dan Ketajaman Analisis

Krisis dan analitis adalah perilaku dasar yang harus kamu miliki mulai dari sekarang. Sebab, setiap hati kamu akan dijejali dengan berita-berita atau isu-isu dunia. Mulai dari politik, budaya, kesehatan, ekonomi, dan berbagai hal lainnya.

Sebagai mahasiswa HI, kamu akan dituntut untuk berpikir kritis tentang semua itu. Kemudian menganalisis kejadian yang sedang berlangsung. Diskusi dan debat adalah makanan sehari-hari.

(3) Keahlian untuk Melakukan Diplomasi

Sekarang kamu belum pandai berdiplomasi? Tidak masalah, hal ini bisa dipelajari jika kamu mau. Kemampuan diplomasi juga akan diajarkan dengan cara adanya diskusi maupun debat.

Oleh sebab itu, supaya ahli berdiplomasi, ada baiknya selalu membaca berita untuk meningkatkan pengetahuan umum dan isu-isu terkini. Wawasan seperti sejarah, budaya, dan bahasa juga menjadi poin yang sebaiknya kamu kuasai.

(4) Berjiwa Pemimpin

Lulusan jurusan Hubungan Internasional biasanya akan bekerja pada bidang-bidang seperti duta besar, staf kedutaan, jurnalis, tenaga ahli DPR, Goverment Relation Officer, bahkan konsultan internasional bagi perusahaan-perusahaan besar.

Hal ini membuat Anda harus ahli dalam menentukan keputusan, menjadi seorang pemimpin yang diandalkan. Maka dari itu, ada baiknya kamu memulai aktif berorganisasi, supaya melatih sifat pemimpin kamu dalam sebuah kelompok. Tidak masalah memulainya dari organisasi kecil, organisasi luar kampus, atau organisasi kampus itu sendiri.

(5) Kemampuan yang Akan Kamu Dapatkan Ketika Masuk HI

Dari berbagai skill yang kita urai di atas, sebenarnya merupakan kemampuan yang bisa dilatih, sehingga jika sekarang kamu merasa belum memiliki semua skill tersebut, mulailah untuk mempelajarinya. Ketika sudah masuk perkuliahan, kemampuan-kemampuan tadi akan lebih terasah.

Ketika lulus HI, kamu akan mampu berdiplomasi lebih baik karena selalu dilatih untuk debat, diskusi, hingga musyawarah. Kemampuan dalam mengkritisi sesuatu juga lebih meningkat, bergandengan dengan keahlian menganalisis. Paling penting, kamu juga jadi ahli berbicara di depan umum, dan hal ini penting untuk seorang diplomat.

Skill Penting untuk Syarat Masuk Hubungan Internasional
Skill Penting untuk Syarat Masuk Hubungan Internasional

Bisa dibilang, syarat masuk jurusan Hubungan Internasional adalah berpusat pada skill yang dimiliki. Sama seperti ketika kamu masuk jurusan lain, ingin masuk kedokteran maka harus pandai biologi, ingin masuk farmasi maka kuasai kimia.

Jika belum bisa, mulai dari sekarang harus dipelajari. Banyak buku yang bisa dibaca, internet bebas diakses di mana saja. Kemauan kamulah yang menuntunmu bisa menggapai cita-cita.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]