Prospek Kerja Teknik Sipil yang Sesuai dengan Minat & Kemampuan

Jurusan teknik sipil merupakan bidang yang mulai banyak dicari oleh calon mahasiswa. Kenapa begitu? Itu sudah jelas karena di zaman sekarang ini banyak perusahaan yang ingin memajukan perkembangan lingkungan, bahkan negaranya. Tidak heran kalau mereka berlomba-lomba mencari orang yang menguasai bidang sipil untuk merekrutnya.

Anda yang sedang merencanakan atau sedang kuliah di bidang sipil, ada baiknya Anda mencari tahu prospek kerja teknik sipil yang bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda. Jangan sampai, ketika hampir selesai Anda masih bingung memilihnya.

Prospek Kerja Teknik Sipil yang Sesuai dengan Minat dan Kemampuan Anda

Berikut ini beberapa prospek dari bidang sipil yang bisa menjadi pilihan minat Anda.

1. Surveyor pengendalian bangunan

Hampir semua orang memiliki pemikiran yang detail. Hal itu merupakan salah satu yang diperlukan sebagai teknik sipil, apalagi menyukai konstruksi. Kalau Anda termasuk orang seperti itu, tidak ada salahnya Anda mengambil jalur pekerjaan sebagai surveyor pengendalian bangunan.

peluang kerja lulusan teknik sipil wanita
peluang kerja lulusan teknik sipil wanita

Pekerjaan tersebut harus memastikan kalau bangunan yang akan atau sedang dibangun sudah memenuhi peraturan hukum pembangunan yang berlaku. Jika ada yang dilanggar, Anda bertugas memberikan solusi kepada pihak terkait.

Nantinya Anda juga akan mengurus semua dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk hal perizinan bangunan. Anda pun wajib mengecek semua sistem pipa air, drainase, dan fondasi bangunan supaya semua pihak mendapat keamanan yang sesuai.

2. Konsultan konstruksi bangunan

Jika Anda termasuk orang yang kreatif, coba pekerjaan teknik sipil sebagai konsultan konstruksi bangunan. Prospek ini lebih mengarahkan Anda untuk menjadi project manager suatu konstruksi bangunan atau jalan raya. Sebagai konsultan, Anda bertugas sebagai pengawas pada konstruksi yang sedang dibangun, mengatur alur keluar masuknya budget bangunan, dan wajib bisa memprediksi potensi resiko yang akan terjadi.

Hal tersebut tentu membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi. Anda juga harus pintar dalam mendesain suatu rancangan bangunan yang diminta oleh klien.

3. Kontraktor insinyur sipil

Menjadi seorang kontraktor insinyur sipil sangat berhubungan erat dengan jenis pekerjaan sebelumnya. Anda yang mengambil bidang ini bisa merealisasikan rancangan yang sudah dibentuk oleh konsultan. Anda pastinya juga harus berada di lapangan atau lokasi pembangunan untuk melihat keadaan nyatanya.

Sebagai kontraktor, Anda harus pintar dalam mengatur sumber daya manusianya dan bahan materialnya saat sedang berada di lapangan. Jika sebuah pembangunan tidak memiliki konsultan, kontraktor yang menjadi penggantinya, sehingga Anda harus membuat perancangannya sendiri.

4. Insinyur situs pembangunan

Untuk bidang ini, sebenarnya lebih mengarah ke cara teknis dan pengawasan. Anda nantinya akan bertugas memilih lokasi mana yang paling tepat untuk dibangun rancangan pembangunan yang sudah dibuat. Anda harus detail dalam menentukan lokasinya, mulai dari bawah tanah sampai permukaan tanahnya.

Anda pun juga harus memastikan kalau lingkungan tersebut harus sehat dan aman agar pembangunan insfrastrukturnya dapat berjalan dengan lancar.

5. Insinyur struktural

Kalau Anda pintar dalam berlogika dan menyelesaikan masalah, ada baiknya Anda melamar pekerjaan yang satu ini. Sebagai insinyur struktural, Anda bertugas untuk merancang bagian-bagian bangunan yang diharuskan strukturnya kuat dalam menahan tekanan dari keadaan lingkungan terkait.

Pilih kerja teknik sipil sesuai dengan minat dan kemampuan Anda
Pilih kerja teknik sipil sesuai dengan minat dan kemampuan Anda

Anda pun juga harus memikirkan strukturnya tidak boleh berbelok, mudah bergetar, dan beresiko cepat rusak. Walaupun pembangunannya sudah selesai, Anda pun juga harus memastikannya kalau strukturnya kuat dan tahan lama.

Selain dari prospek kerja teknik sipil yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi yang bisa Anda pilih. Walaupun masih banyak, apapun bidang sipil yang Anda ambil harus sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, dibandingkan nantinya tidak suka, Anda pun bisa saja bekerja tidak optimal.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER