4 Cara Membedakan Emas Asli Dan Palsu Dengan Mudah

Emas adalah salah satu logam mulia yang menjadi tabungan bagi sebagian orang. Harganya yang cukup tinggi membuat emas menjadi banyak dicari. Hanya saja, terkadang orang berbuat licik dengan membuat emas yang palsu. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang cara membedakan emas asli dan palsu.

Ya, dengan mengetahui langkah membedakan emas asli dan palsu, tentu Anda bisa terhindar dari maraknya penipuan yang terjadi. Sebagaimana diketahui, meskipun sudah ada banyak pihak yang melakukan razia tentang hal ini, namun persebaran emas palsu masih saja terjadi di lingkungan masyarakat.

Tips Membedakan Emas Asli Dan Palsu

Berbincang tentang membedakan emas asli dan palsu, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Ya, dengan cara tersebut, Anda akan terhindar dari penipuan saat membeli emas. Lantas apa saja cara yang bisa digunakan untuk bisa membedakan emas asli dan palsu tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

1) Memperhatikan fisik emas

Salah satu cara yang paling tepat untuk membedakan emas asli dan palsu adalah memperhatikan fisik emas. Ini adalah cara pertama dan sangat penting untuk dilakukan. Dengan melihat bagian fisik, tentu saja Anda bisa membedakan mana emas yang asli dan mana emas yang palsu.

Dalam hal ini, warna emas asli cenderung lebih mengkilap. Selain itu, ada beberapa tanda khusus pada emas yang tidak bisa dihindarkan. Kepadatan emas juga bisa menjadi pertimbangan. Emas yang asli cenderung memiliki kepadatan yang lebih baik daripada palsu.

2) Melakukan uji magnet

Uji magnet adalah salah satu diantara ragam cara membedakan emas asli dan palsu. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa emas termasuk logam yang tidak memiliki daya magnet sama sekali. Artinya adalah emas tidak akan terkena daya tarik magnet.

Dengan cara ini, saat Anda hendak membedakan mana emas yang asli dan yang palsu, maka Anda bisa mendekatkan emas tersebut pada permukaan magnet. Jika emas tertarik gaya magnet, maka bisa dipastikan bahwa emas tersebut adalah palsu.

3) Menggoreskan keramik atau kertas

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membedakan emas asli dan palsu adalah dengan menggoreskan keramik atau kertas. Ini adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk menilai apakah emas tersebut asli atau tidak.

Ya, salah satu langkah membedakan emas asli dan palsu akan membuktikan kualitas dari emas tersebut. Dalam hal ini, jika emas yang digosok menggunakan keramik atau emas tersebut terdapat goresan hitam, maka bisa dipastikan jika emas tersebut adalah palsu.

Namun, tentu, langkah ini harus dilakukan secara hati-hati. Gosok permukaan emas secara perlahan dan secukupnya saja. Hal ini untuk menghindari emas rusak di semua bagian.

4) Mengukur kepadatan emas

cara membedakan emas asli dan palsu
cara membedakan emas asli dan palsu

Sebagaimana yang disinggung di awal, kepadatan emas adalah salah satu hal yang penting saat hendak membedakan emas asli dan palsu. Dalam hal ini, Anda bisa mengukur kepadatan emas sebagai salah satu ragam cara membedakan emas asli dan palsu.

Lantas, bagaimana cara untuk mengukur kepadatan emas tersebut? Dalam hal ini, Anda bisa menuangkan air ke sebuah wadah. Setelah itu, masukkan emas dan hitung pergeseran volume air tersebut. Memang, cara ini membutuhkan ketelitian.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai cara membedakan emas asli dan palsu. Dalam hal ini, Anda juga sebaiknya jangan terlalu tergoda jika ada seseorang yang menjual emas dengan harga yang begitu murah. Emas yang terlalu murah cukup mencurigakan dan bisa saja ternyata palsu.

Deskripsi: cara membedakan emas asli dan palsu cukup banyak untuk dilakukan. Dengan cara ini, tentu saja Anda bisa terbebas dari penipuan yang terjadi.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]