Cara Menghitung Dollar Ke Rupiah Dengan Menggunakan Aplikasi

Standar uang yang menggunakan hitungan dolar Amerika sebagai acuan membuat kita senantiasa harus mengetahui berapa nilai dolar sebelum melakukan transaksi luar negeri. Ya, beberapa awam sering bingung terkait cara menghitung dolar ke rupiah karena kurs yang berubah-ubah. Memang, tidak di pungkiri bahwa kurs dolar senantiasa berubah dari waktu ke waktu.

Beberapa waktu yang lalu, dolar terlalu perkasa bagi rupiah hingga nilai 1 dolar setara dengan Rp 15.000. Kondisi ini tentu menciptakan kegaduhan diantara mereka yang senantiasa menggunakan dolar dalam transaksi yang dilakukan. Oleh karena itu, memahami bagaimana cara menghitung kurs dolar menjadi penting agar Anda bisa memperkirakan nilai dolar dengan baik.

A. Faktor yang Mempengaruhi Kurs Mata Uang

Sebelum membahas cara tepat untuk menghitung dolar ke rupiah, hal pertama yang perlu diketahui adalah mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh pada kurs tersebut. Ya, dengan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kurs, kita akan paham alasan kenapa nilai dolar bisa dikatakan tidak stabil.

Adapun beberapa alasan yang mempengaruhi naik turunnya kurs mata uang di dunia adalah sebagai berikut:

B.     Perbedaan tingkat inflasi antara dua negara

Perbedaan inflasi dari dua negara merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada kurs. Dalam hal ini, inflasi yang rendah akan membuat nilai tukar mata uang negara tersebut menguat dibandingkan dengan inflasi yang tinggi.

C.     Perbedaan suku bunga dua negara

Perbedaan suku bunga yang diatur pada kedua negara juga mempengaruhi tingkat kurs mata uang. Dalam hal ini, bank sentral menjadi acuan dalam memberlakukan suku bunga. Suku bunga yang tinggi akan membuat mata uang menguat namun memiliki risiko meningkatkan inflasi.

D.     Neraca perdagangan

Faktor lain yang berpengaruh pada kurs adalah neraca perdagangan. Dalam hal ini, jika impor lebih banyak, maka nilai mata uang negara tersebut cenderung akan lemah. Hal berbeda akan dirasakan jika ekspor lebih meningkat.

E.    Hutang publik

Jumlah hutang publik juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada kurs. Dalam hal ini, jika hutang publik suatu negara meningkat, maka ia akan membutuhkan lebih banyak dolar sehingga nilai mata uang sendiri akan turun. Tidak hanya itu, hutang publik terlalu tinggi akan meningkatkan inflasi.

F. Mengecek Nilai Tukar Dengan Aplikasi

mengkonversi dollar ke rupiah
mengkonversi dollar ke rupiah

Jika Anda ingin menghitung dolar ke rupiah dengan mudah, maka Anda bisa menggunakan aplikasi. Ya, kini sudah ada beberapa aplikasi yang bagus dan bisa digunakan untuk mengecek nilai tukar. Dengan aplikasi ini, Anda tentu akan mendapatkan data yang akurat untuk mengetahui nilai tukar tersebut.

Adapun beberapa aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk menghitung nilai tukar dolar terhadap rupiah atau sebaliknya adalah sebagai berikut:

1.     Kurs rupiah

Ini adalah salah satu aplikasi terbaik dan paling akurat untuk digunakan, Aplikasi ini hanya sebesar 2.2 MB saja namun memberikan informasi yang lengkap. Informasi mengenai kurs mata uang akan diperbarui setiap hari.

2.     XE Currency

XE Currency juga termasuk salah satu aplikasi melihat kurs yang tepat untuk digunakan. Dalam hal ini, XE Currency akan memberikan informasi yang up to date setiap hari. Tidak hanya itu, aplikasi ini cukup mudah digunakan.

3.     Currency Converter

Menggunakan Currency Converter sebagai aplikasi menghitung nilai dolar ke rupiah adalah salah satu hal yang tepat. Ini juga termasuk salah satu aplikasi terbaik yang ada di Google Play. Selain memberikan informasi yang up to date, aplikasi ini bisa digunakan untuk semua ponsel Android.

Nah, demikian beberapa cara menghitung dolar ke rupiah. Install saja salah satu aplikasi di atas dan gunakan seperlunya. Semoga bermanfaat.

Deskripsi: cara menghitung dolar ke rupiah bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Android yang kini sudah sangat mudah di dapatkan di Google Play.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER

[ninja_form id=2]